PEMBERITAAN seputar banjir, angin dan fenomena alam lain, saat ini ramai menghiasi berbagai media. Memang bukan masalah baru saat musim hujan tiba. Tapi tetap saja mengkhawatirkan bagi mereka yang rumahnya rawan banjir.

Saat rumah terkena banjir, Anda harus mengamankan berbagai furnitur dan barang berharga. Belum lagi aktivitas yang terganggu dan kerugian material lainnya. Banjir hanya akan merepotkan Anda.

Meskipun rumah rawan banjir, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan tindakan pencegahan. Selalu ada cara untuk berjaga-jaga terhadap banjir yang akan melanda, bahkan ada berbagai cara menyiasati agar rumah bebas banjir.

Berikut ini simak baik-baik 4 tips jitu menghadapi banjir!

1. Jaga Kebersihan Rumah Dan Lingkungan

Kebersihan lingkungan adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan saat hujan tiba. Alasannya, banjir lebih banyak disebabkan oleh luapan air yang tidak lancar. Misalnya sampah, endapan pasir di selokan, dan sebagainya.

Cek selokan atau sungai disekitar rumah Anda. Anda bisa membuat sumur resapan air, melebarkan selokan atau membuat gorong-gorong. Sangat baik jika Anda melakukan gotong royong bersama warga untuk mengantisipasi banjir. Kebersihan lingkungan juga ambil andil mencegah infeksi dan penyakit musiman saat banjir.

2. Buat Halaman Rumah Jadi Daerah Resapan Air

Sangat baik bila Anda tidak mem-paving atau menyemen semua halaman rumah. Buatlah ruang khusus yang bisa membantu penyerapan air ke tanah dengan cepat. Anda bisa membuat rerumputan, menanam pohon atau tanaman hias. Cara ini cukup membantu meminimalisir air yang hendak masuk ke rumah.

3. Renovasi Rumah Untuk Menghadang Luapan Banjir

Renovasi bisa dilakukan secara sederhana, seperti membuat penahan atau pembatas di depan rumah. Bila Anda memiliki dana yang cukup, tinggikan saja bangunan rumah. Konsep rumah panggung bisa jadi ide menarik merenovasi rumah. Lakukan modifikasi sesuai selera dan keinginan Anda. Misalnya menguruk tanah hingga ketinggian 50 cm di atas jalan.

4. Material Furnitur Yang Aman Terhadap Banjir

Jika rumah Anda sangat berisiko banjir, pertimbangkan memilih material dari stainless, aluminium atau plastik, khususnya untuk kusen dan pintu di rumah. Hindari pintu kayu karena mudah rusak dan menyerap banjir.

Anda juga bisa menyiasati dengan memiliki furnitur beroda agar mudah dipindahkan. Berikan lapisan pada furnitur Anda seperti waterproofing untuk furnitur atau duco.

Selain keempat tips di atas, perhatikan instalasi listrik di rumah Anda. Usahakan listrik jauh dari risiko tergenang air agar tak membahayakan Anda dan keluarga di rumah.



Penulis: Desy Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Rumahku.com

TAGS:


comments