MASYARAKAT Indonesia seringkali masih malas atau enggan untuk mengurus Izin Membangun Bangunan (IMB) seorang diri. Kebanyakan orang justru meminta bantuan orang lain karena tidak ingin repot dan menunggu berlama-lama.  

Padahal keberadaan IMB ini sangatlah penting karena bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman, nyaman dan sesuai dengan peruntukan lahan. IMB ini berfungsi sebagai penganalisis masalah keamanan desain bangunan yang ditempati nantinya.

Mengurus IMB sebenarnya tidak sesulit apa yang dibayangkan. Pelayanannya pun kini makin cepat dan semakin mudah. Bahkan setiap orang kini bisa melakukan pembuatan IMB secara online.

Lantas bagaimana caranya untuk mengurus IMB sendiri dan tidak membuang waktu? Simak tipsnya berikut ini.

1. Datangi Kantor Pengurusan Setempat

Anda bisa mengurusnya langsung ke kantor pengurusan IMB setempat. Setiap daerah biasanya memiliki kantor atau badan berwenang yang berbeda-beda seperti dinas Tata Kota, kantor kecamatan, Dinas Tata Ruang, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) dan sebagainya.

2. Bawa Dokumen Yang Diperlukan

Seperti halnya pengurusan umum yang dilakukan di Indonesia, pengurusan IMB pun memerlukan dokumen-dokumen seperti KTP, akta jual-beli (AJB), surat tanah, bukti pembayaran PBB terbaru, surat IPR (Izin Pemanfaatan Ruang), SHGB (Surat Hak Guna Bangunan) atau SHM (Sertifikat Hak Milik) dan surat persetujuan tetangga untuk bangunan berhimpit.

Selain itu, bawa juga gambar denah tampak, potongan, rencana pondasi, rencana atap, sanitasi dan site plan. Hal ini perlu dipersiapkan dari jauh hari agar Anda tidak perlu bolak-balik ke kantor kepengurusan IMB dan tidak memakan banyak waktu. Semua lampiran tersebut dibuat masing-masing tiga rangkap.

3. Mengisi Formulir

Selanjutnya Anda harus mengisi formulir yang diberikan petugas di kantor pengurusan IMB setempat. Anda akan dimintai biaya pengukuran. Sebagai gambaran, untuk 60 meter persegi dikenakan biaya sekitar Rp 1,5 juta. Proses pengukuran rumah akan memakan waktu kurang dari seminggu.


Setelah semua berkas diyatakan lengkap. Selanjutnya dibawa ke bagian IMB beserta gambar blue print hasil pengukuran. Jika dinyatakan lolos, Anda akan mendapatkan papan kuning atau IP, sebagai tanda Anda sudah boleh membangun atau merenovasi rumah.


Penulis: Dea
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: http://www.rumahku.com/berita/read/cara-mengurus-imb-tanpa-perantara-412177/3

TAGS:


comments