informasi penting untuk basis data sang pahlawan. Sisi mana menjadi krusial ketika dikaitkan dengan sifat humanis beliau sebagai seorang bapak yang memiliki keluarga. Sisi humanis dan jiwa patriotik beliau dapat menjadi teladan, tidak hanya bagi keluarga atau keturunannya yang ada tetapi juga untuk masyarakat umumnya.  

Laksana cahaya matahari yang berpendar memancarkan kebaikan, kemajuan, dan kemaslahatan umat. Akan menjadi relevan ketika membahas susur galur (silsilah keturunan) dari salah satu pahlawan Jambi ini dilihat dari upaya pengayaan informasi. Pengayaan informasi yang pada gilirannya diharapkan akan menjadi gambaran utuh tentang sosok sang pahlawan. 

Raden Mattaher, sebagaimana diungkap dari beberapa tulisan3,4), memiiki keluarga atau keturunan. Namun demikian, informasi keturunan lebih lanjut yang ada saat ini sangat terbatas. Keterbatasan tersebut mungkin disebabkan oleh investigasi atau pengungkapan sosok keluarga Raden Mattaher tidak ditelusuri lebih lanjut. Di sisi lain, juga karena keturunan-keturunan yang ada sekarang tidak semuanya menunjukkan jati dirinya ke permukaan sebagai sebuah bagian dari trah Raden Mattaher. 

Terus terang, tulisan ini lahir karena dirangsang oleh tulisan saudara Ali Surakhman tentang "Mengupas Sosok Pangeran Ratu Raden Mattaher" sebagai artikel yang terbit di media online jamberita.com yang ditayangkan pada tanggal 5 April 2019. Sebagai trigger terhadap tulisan saya ini, terutama saat sdr Ali mengupas tentang keturunan dari Raden Hamzah (salah satu anak Raden Mattaher) sebagai berikut:

 

"Raden Hamzah mempunyai dua istri. Dari istri pertama ada anak 4, meninggal. Kemudian Raden Hamzah menikah lagi dengan perempuan Malaysia, janda anak satu. Untuk itu diperlukan studi lebih dalam siapa keturunan Raden Mattaher yang ada sekarang ?"

 

Kalimat terakhir yang saya beri bold itulah sebagai trigger saya menulis. Meskipun, sesungguhnya saya sudah lama memendam hasrat untuk mengungkap keturunan Raden Mattaher yang ada sekarang. Dari Raden Hamzah, saat ini juga ada keturunanya yang masih hidup dan tinggal di Jambi, di antaranya adalah Ratu Mas Nurhayati, Ratu Mas 

________________________

3) A.W. Swastiwi dan D. Arman (2017). Radden Mattaher: Pejuang Rakyat Jambi Melawan Kolonial. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id [5 September 2019]

4) Facruddin Saudagar. 2012. Perjuangan Raden Mat Tahir Dalam Menentang Kolonialisme di  Jambi. melangun.wordpress.com/2012/07/17/perjuangan-raden-mat-tahir-dalam- menentang-kolonialisme-di-jambi/. [7 September 2019]

 


Penulis: I. M. Trisawa
Editor: M Ali Surachman
Sumber: I.M. Trisawa, keturunan Rd. Mattaher.


comments