JAMBI – Komitmen Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam membumikan dan memberantas buta aksara Al-Quran di bumi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, mulai membuahkan hasil yang menggembirakan. Dibawah kepemimpinan dirinya bersama Wakil Wali Kota dan Dr. dr. Maulana, MKM, setiap tahunnya Kota Jambi terus mencetak generasi muda penghapal Al-Quran.

Senin pagi (24/5), ribuan pelajar baik setingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Jambi diwisuda oleh Wali Kota Jambi. Secara simbolis, Wisuda Akbar Tahfizh Al-Quran siswa SD dan SMP se-Kota Jambi Tahun 2021 tersebut dilaksanakan bertempat di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jambi, sedangkan peserta wisuda lainnya, menyaksikan secara virtual dari rumah, maupun dari sekolah masing-masing.

Tercatat 1.148 orang wisudawan yang mengikuti wisuda akbar kali ini, terdiri dari 985 orang wisudawan tahfizh dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dan 163 orang wisudawan tahfizh dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumya yang berjumlah 1.070 orang wisudawan.

Dalam acara itu, selain memberikan bingkisan hadiah dan mushaf Al-Quran kepada seluruh peserta wisuda, Wali Kota Fasha juga berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada wisudawan terbaik dalam beberapa tingkatan jumlah hafalan juz Al-Quran, setelah melalui rangkaian tes berdasarkan jumlah hafalan, tajwid, makharijul huruf dan kriteria karakter lainnya.

Peningkatan jumlah wisudawan tahfizh tahun ini merupakan buah manis dari keseriusan dan komitmen Wali Kota Syarif Fasha, dimana sejak beberapa tahun lalu, melalui programnya mulai merekrut guru tahfizh, untuk mengajar Al-Quran di sekolah negeri dalam Kota Jambi.

Langkah tersebut dilatar belakangi keprihatinan dirinya melihat pelajar sekolah negeri, diluar sekolah Islam, banyak yang buta aksara Al-Quran. Lebih lanjut menurut Fasha, menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya dengan diwisudanya ribuan tahfiz Al-Quran tersebut, karena dengan demikian akan tercipta para penghafal Al-Quran di Kota Jambi, yang akan bermanfaat bagi kehidupan nyata maupun di akhirat kelak.

“Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk penghargaan kepada para siswa penghapal Al-Quran, serta merupakan salah satu dari hasil proses pendidikan yang telah direncanakan, dilaksanakan oleh para pendidik di sekolah khususnya oleh guru-guru tahfizh yang telah diangkat dan ditugaskan oleh Pemkot Jambi ke sekolah-sekolah negeri dan swasta pada jenjang SD dan SMP di Kota Jambi,” jelas Fasha.

Selain itu, menurut Fasha dengan diwisudanya ribuan tahfizh Al-Quran ini, mampu menjawab keraguan orang tua bahwa para penghafal Al-Quran juga mampu dicetak di sekolah formal di Kota Jambi.

“Ini menjawab keraguan orang tua sejak 3 tahun terakhir. Dengan diajarkannya Al-Quran di sekolah pemerintah, tentu kami mendukungnya dengan merekrut ratusan tenaga tahfizh dan kami membuktikannya,” jelasnya.

Terkait hal itu pula, Wali Kota Jambi dua periode ini sangat berharap kepada para tahfiz yang diwisuda ini, agar jangan menjadikan hari wisuda kemarin menjadi hari terakhir menghafal Al-Quran.

“Dengan kegiatan wisuda akbar ini, semoga dapat semakin menumbuhkan semangat untuk semakin mencintai Al-Quran dengan tekun membaca, menghafal, memahami isi kandungannya serta melaksanakan ajaran-ajarannya dalam praktik kehidupan sehari-hari,” pungkas Fasha.

Berbagai dukungan diberlakukan untuk merealisasikan upaya tersebut. Seperti menggalakkan pengajian antara Maghrib dan Isya yang rutin dilaksanakan untuk membudayakan gemar baca Al-Quran dan memberantas buta aksara Al-Quran di masjid-masjid, langgar-langgar, taman-taman pelajaran Alquran (TPA) dan lain-lain. Pemberian insentif kepada guru ngaji, pengurus masjid, bahkan fardhu kifayah (pemandi jenazah) pun juga dilakukan sebagai upaya penguatan syiar Islam di Kota Jambi. Termasuk pengangkatan hafizh dan hafizhah sebagai guru ngaji (tahfizh) diberbagai sekolah dalam Kota Jambi. Selain itu Pemkot juga rutin menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an, termasuk Festival Anak Shaleh (FASI) dari berbagai tingkatan.

Sebagaimana diketahui, komitmen Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam memajukan syiar Islam dan membumikan Al-Quran tidak perlu diragukan lagi. Selain rutin menggelar perayaan hari besar agama dan berbagai tabligh akbar sebagai bagian dari syiar Islam, Wali Kota Fasha juga menanamkan pondasi kuat dalam syiar Islam dari lingkungan terkecil (keluarga-red).


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Kota Jambi


comments