JAMBI - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi melakukan pengawasan langsung pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021.

"Kami Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi beserta rombongan sudah mendatangi langsung Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan juga Posko Informasi PPDB untuk mengawasi PPDB 2021 agar bisa dilaksanakan transparan," kata Plt Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Indra, Rabu.

Dalam kunjungannya ke Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, perwakilan Ombudsman menanyakan berbagai hal terkait penyelenggaraan PPDB di Provinsi Jambi, diantaranya terkait kendala dan juga kerawanan-kerawanan selama pendaftaran secara online.

Indra mengatakan dari hasil pantauannya, ada beberapa kendala yang ditemui mulai dari laporan tim PPDB Provinsi, ada kendala seperti kelurahan yang tidak masuk dalam zonasi, kemudian orang tua yang minta cabut berkas, juga penggunaan titik koordinat pada website namun kendala tersebut sudah diatasi.

Di samping itu, Ombudsman juga memonitor langsung proses pendaftaran dan verifikasi di Posko Informasi Disdik Provinsi Jambi. Dari pantuan tersebut, ditemukan masih ada kuota-kuota yang belum dipenuhi, seperti pada jalur prestasi, afirmasi dan pindah tugas, sedangkan untuk jalur zonasi secara umum sudah terpenuhi.

Menurut Ombudsman, kekosongan tersebut perlu ditindaklanjuti secara transparan oleh Pemerintah Provinsi Jambi secara transparan karena tujuannya agar rombongan belajar sekolah tetap terpenuhi dan masyarakat mengetahui secara jelas langkah yang diambil oleh Pemerintah.

"Jangan ada yang ditutup-tutupi dalam PPDB ini, masyarakat harus diberi informasi," tegas Indra.

Ombudsman Jambi juga mengajak masyarakat untuk turut serta melaporkan apabila dalam kegiatan tersebut terjadi maladministrasi.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments