KERINCI - Untuk memulihkan ekonomi dan meningkatkan produksi, produktivitas dan pendapatan di tengah Pandemi Covid19, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Kerinci telah memberikan bantuan bibit dan alat sentral pertanian kepada masyarakat.

Kabid Holtikultura Dinas TPH Kerinci, Frantos Riadi mengatakan, dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan bagi para petani Dinas TPH Kerinci selalu memberikan bantuan yang di butuhkan petani baik dari segi bibit dan Alsintan agar petani bisa menjadi petani yang modern, meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian untuk membantu perekonomian bagi para petani.

"Untuk saat ini tanaman jeruk yang sudah mulai di panen dan bisa metik hasil nya sampai sekarang dan tanaman bawang putih juga sudah di panen dan hasilnya sangat memuaskan bagi petani," ungkapnya.

Selain itu Bidang Air dan Irigasi, juga telah bantuan berupa fisik seperti membangun jalan produksi,jalan peningkatan produksi dan Irigasi untuk meningkatkan produksi pertanian dan sarana untuk mempermudah membawa hasil pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Radium Halis menjelaskan dalam situasi pandemi Covid 19 untuk membangkitkan perekonomian petani dan masyarakat yang terkena dampak Covid19, pihaknya akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan petani yang ada di Kabupaten Kerinci.

"Sesuai dengan keinginan petani untuk mendapatkan hasil yang memuaskan ,meningkatkan pendapatan  dan menjadi petani yang modern,kita tidak memilih dan memilah,tidak memihak dan berpihak. Semua bantuan yang kita salurkan melalui Kelompok Tani(poktan) yang mengajukan proposal sesuai dengan apa yang di ajukan dalam proposal tersebut," katanya singkat.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal menyebutkan meskipun masih dalam situasi pandemi, pengembangan sektor pertanian dan peternakan tetap harus diprioritaskan. “Karena ini demi memenuhi kebutuhan pangan rakyat terlebih dalam kondisi seperti ini,” ucapnya.

Ia menyatakan menargetkan agar masyarakat Kerinci mampu memenuhi pangannya sendiri. “Karena kita memang punya sumber daya pertanian dan peternakan yang cukup berlimpah,” ujarnya.

Ia meminta sektor pertanian dan peternakan agar dikelola dengan cepat, tepat untuk rakyat dengan Tetap aturan yang taat. “Jadi ayo kita mainkan ini, kejar target maksimal untuk sektor pertanian dan peternakan kita demi kepentingan masyarakat,” pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments