SAROLANGUN - Debit air Sungai Batang Tembesi di wilayah Kabupaten Sarolangun mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun, debit air mengalami kenaikan hingga satu meter.

Terkait hal ini, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sarolangun Yen Aswadi mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai untuk waspada.

Menurut Yen, pihaknya telah berkordinasi dengan pemantau debit air di Kecamatan Pauh, bahwa kondisi air Sungai Batang Tembesi mengalami peningkatan.

"Apabila cuacanya hujan bisa jadi akan bertambah naik. Mudah-mudahan tidak hujan lagi. Untuk ketinggian air naik lebih kurang satu meter," kata Yen, Senin (27/9).

Meski ada kenaikan debit air, Yen mengatakan pihaknya masih belum menaikkan status untuk bencana banjir. Mengingat, dari laporan BMKG kini masih masuk dalam musim kemarau.

"Untuk saat ini belum karena masih dalam siaga darurat karhutla, dari BMKG kalau kini masih kondisi cuaca panas belum masuk ke musim hujan," ujarnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments