JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menyerahkan 15 mesin jahit kepada penyandang disabilitas yang tergabung dalam Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Jambi untuk mendukung mereka berwirausaha.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Rabu (29/9), mengatakan pemkot memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas untuk tetap produktif.

Pemberian bantuan berupa mesin jahit ini tindak lanjut pelatihan menjahit yang sudah diberikan pemkot kepada 15 penyandang disabilitas.

"Pemkot sudah memberikan bantuan mulai dari pelatihan menjahit hingga bantuan peralatan menjahit berupa mesin jahit," katanya.

Bantuan mesin jahit tersebut hibah dari pemkot melalui Dinas Sosial Kota Jambi. Bantuan diserahkan Wali Kota Jambi Syarif Fasha kepada anggota HWDI Kota Jambi, Rabu.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Noviarman menjelaskan pihaknya sudah memberikan pelatihan khusus kepada penyandang disabilitas agar dapat berdaya saing di dunia kerja.

Upaya ini, katanya, dilakukan agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

"Pelatihan dan bantuan mesin jahit ini untuk memberdayakan teman-teman disabilitas agar memiliki keterampilan yang produktif, pemberian hibah mesin jahit ini sebanyak 15 paket," katanya.

Saat ini, Dinas Sosial Kota Jambi sedang melakukan verifikasi faktual terhadap penyandang disabilitas di daerah setempat yang terdata 1.351 orang.

Pada 2021, Dinas Sosial Kota Jambi telah memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas, antara lain pemberian bantuan terkait dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, berupa sembako 30 paket, makanan bagi anak bermasalah sosial, termasuk anak penyandang disabilitas 100 paket.

Selain itu, penyaluran bantuan asistensi sosial penyandang disabilitas berat pada 15-17 September 2021 terhadap 42 orang di tujuh kecamatan di Kota Jambi dan pelatihan menjahit selama 10 hari terhadap 15 penyandang disabilitas.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments