JAMBI - Ananda Sri Mardiana berhasil mengakhiri puasa medali Jambi di Pekan Olahraga Nasional (PON) dari cabang wushu nomor taolu.

Pada PON XX Papua tahun ini, Ananda berhasil meraih medali perunggu nomor taolu kombinasi dao shu/gun shu, dengan menggungguli atlet Jawa Barat, Mutia Azzella.

Baca juga : Dayung Kembali Sumbang Perak untuk Jambi

Adapun medali emas pada nomor ini direbut oleh Felda Elvira dari Jawa Timur. Sementara itu perak diraih oleh Eugenia Diva Widodo asal DKI.

"Ini sejarah dan prestasi membanggakan bagi kami. Sebab terakhir kami mendapat medali di nomor seni (taolu, red) ini saat PON XVII/2012 Riau. Sembilan tahun lalu," kata Ketua Pengprov Wushu Jambi Eisen Gauw saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (1/10).

Baca juga : Sepak Takraw Putri Sumbang Medali Pertama untuk Jambi di PON Papua

Yang lebih membanggakan lagi, lanjut Eisen, Ananda murni produk lokal Jambi. "Ananda dilatih Nelin, peraih perunggu taolu di PON Riau," ujarnya

Eisen menambahkan bahwa sering ia mengingatkan para atlet wushu Jambi agar tampil percaya diri. Sebab kondisi pandemi membuat semua pengurus wushu di Indonesia tidak bisa berlatih atau try out di luar negeri.

"Ini menunjukkan bahwa kualitas kepelatihan kita tidak kalah dengan daerah lain," pungkasnya.


Penulis: Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments