MUARABUNGO - Intensitas hujan beberapa hari terakhir di Kabupaten Bungo cukup tinggi. Bahkan hujan merata terjadi diseluruh wilayah Bungo.

BMKG Provinsi Jambi memperkirakan, wilayah Bungo akan terus diguyur hujan hingga Maret mendatang.

Kepala BPBD Kabupaten Bungo Tobroni Yusuf menyebutkan, hujan yang mengguyur ini tidak hanya terjadi pada malam saja, namun terkadang juga terjadi pada siang hingga sore hari.

Kondisi tersebut diharapkan kepada masyarakat untuk berhati-hati. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di lereng bukit dan bantaran sungai yang ada di Bungo.

Sesuai pemetaan, di Kabupaten Bungo ada beberapa lokasi yang dinyatakan rawan banjir dan longsor (Bansor). Seperti di Kecamatan Bathin III Ulu, Muko-muko, Rantau Pandan dan sebagainya. "Ada 73 dusun dan kelurahan yang rawan banjir dan longsor. Itu menyebar diberbagai daerah," kata Tobroni.

Tobroni Yusuf berharap, masyarakat bisa waspada dan berhati-hati terhadap bencana yang mengintai saat ini. "Kita minta masyarakat untuk berhati-hati," katanya.

Menurutnya, pemerintah bersama unsur terkait saat ini siap siaga. BPBD juga sudah menyiapkan relawan untuk mengevakuasi jika ada yang harus dievakuasi. "Kita juga sudah menyiapkan kendaraan," imbuhnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments