KERINCI - Bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kerinci tahun 2021 untuk warga yang terdampak Covid-19 terancam menjadi silpa.

Hal ini dikarenakan hingga Oktober ini belum ada Bantuan sosial dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Dinas sosial Kabupaten Kerinci.

Tidak hanya itu, dana bansos 2021 yang jika bisa disalurkan, dana tersebut hanya bisa disalurkan tiga tahap, sehingga tetap akan menyisakan silpa.

"Sampai saat ini belum ada juga dibagikan ke masyarakat, padahal ini sudah masuk bulan Oktober. Masyarakat menunggu dana Bansos itu," kata Agus, salah seorang warga Kerinci.

"Sudah hampir sembilan bulan warga menunggu bansos dari Dinas Sosial, tapi belum juga ada kabar kapan akan disalurkan," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kerinci Linda saat dikonfirmasi mengatakan bahwa keterlambatan pencairan karena belum ada Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukumnya.

"Setelah siap Perbup baru kita salurkan berdasarkan data yang diajukan dari Kades. Mudah-mudahan bulan ini sudah bisa kita salurkan," kata Linda.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments