JAMBI - Pemerintah Kota Jambi akan menjadikan kawasan perkampungan di Seberang Kota Jambi sebagai destinasi wisata andalan untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Ke depan, jalan di permukiman di Seberang Kota Jambi ini semuanya akan terhubung. Kawasan ini potensial dan akan kita jadikan kawasan wisata budaya," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Rabu.

Pemkot akan merancang kawasan itu menjadi city tour yang menarik, seperti yang ada di luar negeri.

Wali Kota juga telah merancang sebutan untuk kawasan itu sebagai kawasan Jambi Asli atau Kota Tua. Para wisatawan ke depannya bisa berkunjung ke kawasan itu dengan berjalan kaki atau bersepeda.

"Kita akan mulai lengkapi sarana dan prasarananya," kata Fasha.

Secara khusus Wali Kota Fasha dan wakilnya Maulana melakukan gowes bareng pada akhir pekan lalu dengan melintasi jalur eksotik di Seberang Kota Jambi itu dengan memasuki kawasan Ulu Gedong, Pasir Panjang, Tanjung Pasir, dan Kampung Tengah yang memiliki potensi wisata luar biasa.

Seberang Kota Jambi memiliki karakter dan keunikan untuk diangkat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Jambi.

Selain memiliki karakter yang kuat akan warisan budaya masyarakat dan arsitektural yang masih melekat dan dipertahankan hingga kini, secara historis, Seberang Kota Jambi memiliki catatan sejarah masuknya agama Islam di Jambi.

Hal inilah yang kemudian mendukung Wali Kota Fasha memprioritaskan pembangunan Seberang Kota Jambi, baik dari aspek infrastruktur maupun sosial ekonomi masyarakatnya.

"Pemerintah Kota Jambi terus melakukan percepatan pengembangan Seberang Kota Jambi sebagai pusat wisata religi, budaya, dan ekonomi kreatif," katanya.

Konsep wisata ini akan mendorong dampak berantai bagi kesejahteraan dan geliat ekonomi masyarakat setempat.

"Itulah mengapa sejak awal kami fokus untuk terus menggenjot pembangunan di sini," ujar Fasha.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments