JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melakukan perbaikan iklim berinvestasi di daerah itu dengan memberikan kemudahan perizinan usaha dan mempercepat pendirian kawasan industri.

"Pemerintah Provinsi Jambi akan mempermudah investor yang ingin masuk untuk berinvestasi di Jambi, perbaikan iklim investasi ini dilakukan dengan memberi kemudahan perizinan usaha," kata Gubernur Jambi Al Haris, Senin.

Percepatan pembangunan industri di harapkan dapat menarik investor untuk berinvestasi yang didukung dengan kemudahan perizinan usaha. Selain itu percepatan pembangunan kawasan industri tersebut juga sebagai pendorong tumbuhnya industri hilirisasi komoditas unggulan Jambi.

Salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jambi yakni percepatan pembangunan kawasan industri kemingking. Kawasan industri Kemingking tersebut berada di kawasan dengan luas 17.000 hektar yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi. Kawasan industri Kemingking tersebut di harapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja. Dengan demikian dapat mengurangi angka pencari kerja di Provinsi Jambi.

"Hadirnya kawasan industri Kemingking akan membangkitkan semua sektor industri, tentu tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Al Haris.
Selain itu hadirnya kawasan industri kemingking tersebut diharapkan dapat menciptakan multiplier fffek, meningkatnya nilai tambah produk, menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Menurut Al Haris perkembangan potensi industri di Provinsi Jambi cukup banyak, diantaranya daerah itu memiliki 80 pabrik CPO. Pabrik-pabrik tersebut memiliki potensi yang luar biasa terhadap produksi CPO di Jambi. Ketika pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia dan Jambi, komoditi lain mengalami penurunan produksi. Namun CPO Jambi di pasar internasional cukup baik.

Gubernur Jambi mengharapkan kolaborasi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi Jambi dalam pengelolaan hilirisasi pengelolaan berbagai komoditi unggulan di Jambi. Komoditi unggulan Jambi yang di anggap biasa di luar negeri menjadi komoditi yang luar biasa, sehingga perlu dikembangkan. Seperti komoditi pinang yang baru-baru ini di ekspor ke negara Arab Saudi.

Dan masih terdapat beberapa komoditi unggulan Jambi yang di ekspor ke luar negeri, seperti getah karet, kopi, teh, dan sawit. "Pemerintah Provinsi Jambi akan mempermudah investor yang ingin berinvestasi di kawasan Kemingking, kawasan yang diciptakan untuk berkarya, buatlah usaha yang ramah lingkungan yang diharapkan bisa menyerap banyak tenaga kerja," kata Al Haris.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments