SUNGAIPENUH - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci berhasil meraih empat penghargaan pada Konferensi Internasional Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) ke-5 dengan tema “Manusia dan ilmu pengetahuan di masa pandemi Covid-19, bertempat di Aula IAIN Pontianak, Selasa 12 Oktober 2021.

Mahasiswa IAIN mengikuti acara tersebut melalui daring. "Alhamdulillah, mahasiswa jurusan PAI perwakilan IAIN Kerinci dapat empat penghargaan di konferensi internasional buaf 5 di IAIN Pontianak. Tiga kategori juara 2, dan satu kategori juara 3," kata Sekretaris Jurusan PAI IAIN Kerinci, Ali Marzuki Zebua, MPd.

Dr. Nuzmi Sasferi, M.Pd selaku ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kerinci mengatakan, saat ini banyak mahasiswanya yang cukup berprestasi. "Mereka sering ikut event event seperti ini, Dan pihak Jurusan terus mendorong mereka meningkatkan kualitasnya," ungkapnya.

Adapun kategori yang berhasil diraih adalah

1. Best paper 2 (kategori: Teaching and learning innovations), 2. Best Paper 3 (kategori:  Religious Moderation), 3. Team Presenter terbaik 2 Dan 4. Delegasi terjauh terbaik 2.

Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asaari, MAg mengaku bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswanya.

"Kita ikut bangga dangan prestasi yg diraih 2 mahasiswa kita ini, mudah mudahan potensinya dieksplorasi dan dikembangkan terus, serta ditularkan kepada mahasiswa mahasiswa IAIN Kerinci yang lain sehingga IAIN Kerinci bisa bicara di event dan forum ilmiah yang lebih luas lagi di tingkat nasional maupun internasional," ungkapnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dan Kerja Sama, Dr Halil Khusairi mengatakan, awalnya mahasiswa akan disertakan secara luring dalam kegiatan tersebut, namun karena ada beberapa kendala, kita ikuti secara online.

"Awalnya dua orang mau dikirim, tapi Satu orang berhalangan, jadi kita putuskan untuk ikut secara daring," ungkapnya.

Dalam beberapa waktu ke depan, pihaknya juga akan mengirim delegasi ke event nasional.

"Ada event perkemahan nasional di Palembang Dan olimpiade agama dan sains di Aceh, itu kita kirim delegasi," tutupnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments