JAMBI - Momen peringatan berdirinya Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi diisi dengan gelaran 'Gebyar Dakwah', Selasa (9/11). Kegiatan ini merupakan salah satu strategi memperkenalkan Fakultas Dakwah UIN STS Jambi kepada masyarakat luas.

"Kegiatan Gebyar Dakwah ini sebagai ungkapan rasa syukur kita dengan berdirinya Fakultas Dakwah secara mandiri, dan sebagai ajang memperkenalkan Fakultas Dakwah ke masyarakat luas," kata Dekan Fakultas Dakwah UIN STS Jambi Dr. Zulqarnin, M.Ag, Rabu (10/11).

Zulqarnin menyebutkan, kegiatan tahunan ini juga digelar untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dan siswa yang berkaitan dengan keilmuan dakwah, khususnya di bidang komunikasi dakwah.

"Walaupun dakwah juga ada dakwah bil hal akan tetapi lebih dominan ke komunikasi dakwah, seperti public speaking, dakwah terbuka, dakwah kelompok dan dakwah individu," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah UIN STS Jambi sekaligus ketua panitia Gebyar Dakwah, Dr. Samin Batubara, M.HI mengatakan, kegiatan ini digelar selama dua hari dengan diikuti 101 peserta dari berbagai Pondok Pesantren, MA, SMA, dan mahasiswa UIN STS Jambi.

Samin menyebutkan, kegiatan Gebyar Dakwah tahun ini mengangkat tema "Dengan semangat gebyar dakwah hidup menjadi terarah dan berkah".

"Tahun sebelumnya kegiatan ini hanya melibatkan mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin saja. Untuk tahun ini kita juga melibatkan anak-anak dari pondok pesantren, MA dan SMA," kata Samin.

Kegiatan Gebyar Dakwah diisi dengan lomba pidato/ceramah yang diikuti 36 peserta, lomba MC diikuti 32 peserta, loba baca berita diikuti 29 peserta, dan lomba karya ilmiah diikuti 4 peserta.

Samin menyebutkan, ke depan pihaknya menargetkan kegiatan Gebyar Dakwah bisa dilaksanakan untuk tingkat provinsi, dan lebih banyak lomba yang digelar.

"Target untuk kegiatan selanjutnya, kami akan menambahkan perlombaan yakni Hadroh dan Syahril Hadist. Biasanyakan Syahril Alquran, akan tetapi Fakultas Dakwah akan membuat perlombaan baru yakni Syahril Hadist," tutupnya.


Penulis: Mg2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments