KUALATUNGKAL - Ketua Koperasi Serba Usaha Pelang Jaya Budi Azwar, yang juga anggota DPRD Tanjungjabung Barat, dituntut pidana 2 tahun 6 bulan penjara. Budi didakwa terlibat pencurian tandan buah segar sawit PT Produk Sawitindo Jambi.

Tuntutan itu dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri Tanjab Barat, Senin (22/11). Menurut jaksa, terdakwa terbukti mencuri sawit milik anak perusahaan Makin Grup tersebut.

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHP,” ujar Kasi Intel Kejaksaan Negri Tanjab Barat, Arnol Saputra.

Menurut Arnol, ada beberapa pertimbangan yang memberatkan terdakwa. Budi dinilai meresahkan masyarakat selain merugikan PT PSJ sebesar Rp 292 juta.

“Terdakwa bertele-tele dan tidak mengakui perbuatannya. Terdakwa tidak memberikan contoh yang baik bagi masyarakat selaku pejabat negara,” ujarnya Sedangkan yang meringankan adalah terdakwa berlaku sopan selama persidangan. 

Dalam dakwaan, Budi Azwar disebut memerintahkan tiga terpidana lainnya yang sudah divonis dan menjalani hukuman di Lapas Klas II B Kuala Tungkal, untuk memanen sawit di lokasi. Sawit itu kemudian dijual ke luar perusahaan.

Ketiga terdakwa divonis 10 bulan penjara, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 363 ayat (1) ke-4  KUHP. Putusan 10 bulan dikurangi masa tahanan yang sudah dijalani ketiga terdakwa. 

Vonis majelis hakim PN Kuala Tungkal itu lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yakni 1,5 tahun atau 18 bulan.

Tiga terpidana yang disidang terpisah yakni Amde Sarofi (Wakil Ketua KSU Pelang Jaya), Sutrisno (Sekretaris) dan Muhammad Berliansyah (Bendahara).

Budi dan pengurus lainnya itu didakwa mencuri sawit di areal PT PSJ pada 3 November 2020, sekitar pukul 14.00 WIB, dan pada 16-18 November 2020. TBS sawit yang dipanen itu diangkut dengan truk dan dijual ke perusahaan lain tanpa seizin dan sepengetahuan PT PSJ.

Mereka memanen buah sawit tersebut di areal kebun Afdeling VI Inti Kebun Taman Raja,  Pelabuhandagang, Tungkalulu, Tanjungjabung Barat. “Dengan membawa sejumlah mobil truk untuk memuat kelapa sawit,” sebut jaksa.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments