JAMBI - Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Ardi Praptono menyatakan semangat kelompok tani di daerah untuk mewujudkan kesejahteraan besar.

"Saya melihat motivasi, kemauan dan semangat dari kelompok tani daerah ini begitu besar untuk mewujudkan kesejahteraan," kata Ardi Praptono  saat melakukan kunjungan kerja ke di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi, Rabu

Oleh karena itu Kementerian Pertanian mendorong peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) petani di daerah, termasuk di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

"Peningkatan sektor pertanian kuncinya SDM, peningkatan kapabilitas SDM yang kita rencanakan bisa dilaksanakan baik itu berupa beasiswa atau pelatihan," katanya.

Menurut Ardi Praptono sinergi pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten bisa mendorong kapabilitas SDM terutama di Kabupaten Batanghari. Sinergi tersebut membuka pintu masuk untuk kegiatan yang lain yang bertujuan untuk meningkatkan sektor pertanian di daerah.

Selain itu Kementan meminta agar peningkatan kapabilitas tersebut dapat dilakukan beriringan dengan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) guna meningkatkan pendapatan petani melalui penyediaan bibit berkualitas.

Peningkatan kapabilitas SDM petani tersebut penting dilakukan di daerah itu mengingat hampir 80 persen masyarakat di daerah itu merupakan petani. Selain itu lebih dari 50 persen wilayah Kabupaten Batanghari merupakan lahan perkebunan dan pertanian.

Dimana komoditas unggulan perkebunan di daerah itu yakni perkebunan kelapa sawit dan getah karet.

Di tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Batanghari menargetkan peningkatan produksi hasil pertanian di daerah itu menjadi dua kali lipat. Selain melakukan peningkatan kapabilitas SDM petani, upaya peningkatan produksi pertanian tersebut dilakukan dengan mengirimkan penyuluh pertanian ke desa-desa untuk mendampingi petani meningkatkan produksi pertanian dan memanfaatkan teknologi pertanian dalam melakukan aktifitas pertanian.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan pandemi Covid-19 merupakan peluang bagi daerah-daerah yang unggul dalam sektor pertanian untuk menyediakan bahan pangan. Dimana di masa pandemi Covid-19 permintaan bahan pangan di pasar mengalami peningkatan.

"Peluang tersebut yang saat ini tengah kita upayakan untuk meningkatkan perekonomian daerah," kata Fadhil Arief.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments