SAROLANGUN - Berjarak puluhan kilometer dari pusat Kota Sarolangun, Provinsi Jambi, Bukit Tamulun menyajikan panorama khas bak karang di puncak gunung.

Terletak di Desa Berkun Bukit Bulan, Kecamatan Limun, Bukit Tamulun menawarkan destinasi wisata lingkungan alam yang masih terjaga dibagian hulu Sungai Batang Limun.

Adrenalin pengunjung di paksa menggebu tatkala menginjakkan kaki di bukit Tamulun. Bebatuan terjal, gemercik aliran sungai menghiasi perjalanan menuju puncak Tamulun.

Butuh waktu hingga 30 menit, pengunjung baru dapat menikmati pesona alam jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan. Siulan mamalia alam turut menemani pendakian.

"Dulu sebelum pandemi cukup ramai pengunjung yang datang, apalagi di hari libur lebaran dan tahun baru biasanya ramai," ungkap Putra, Ketua Karang Taruna Desa Berkun, Senin (13/12).

Putra berharap adanya perhatian lebih dari perintah daerah terutama untuk membantu menunjang infrastruktur di daerah wisata tersebut.

"Kalau jalannya ke sini bagus, Insyaallah orang tidak segan berkunjung. Silakan datang dan lihat, agar bisa menyumbangkan pikiran membantu kawasan wisata ini," katanya.

Menurutnya, ratusan pengunjung pernah main dan datang untuk menikmati hutan ini. Kini, akibat keterbatasan dan kurangnya dorongan dari pemerintah menghambat kemajuan wisata di Desa Berkun.

"Kami pemuda di sini akan menjaga wisata yang ada di tempat kami ini dan berharap bisa memajukan wisata ini," ungkapnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments