JAMBI - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi mengadakan pelatihan Safety Riding atau berkendara dengan aman bagi para pengemudi kendaraan dinas di lingkungan Polda Jambi. Pelatihan dilaksanakan di Honda Paal 8, Kota Jambi selama dua hari.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jambi, AKBP Nelson Sianipar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan peningkatan kemampuan bagi personel polisi dalam membawa kendaraan dinas serta driver Pejabat Utama Polda Jambi.

"Kegiatan ini untuk meng-upgrade kemampuan para personel dalam berkendara, baik secara teori maupun praktik," kata Nelson. Selasa (14/12).

Dalam pelatihan tersebut para pengemudi diberikan materi tentang teori etika berlalu lintas, tata cara mengemudi hingga fungsi lalu lintas, serta memahami aturan lalu lintas. Juga hak prioritas berkendara sesuai pasal 134 Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009.

Setelah diberikan pemahaman teori, dilanjutkan dengan praktik mengemudi seperti cara parkir serong, parkir seri dan parkir paralel. Kemudian jalan zigzag dan tata cara pengereman mobil dengan baik.

"Peserta yang mengikuti sebanyak 91 orang mulai dari sopir kendaraan dinas hingga driver PJU Polda Jambi," kata Nelson.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments