MUARATEBO - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tebo rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan atau akhir tahun 2022 mendatang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo sendiri saat ini masih fokus mengurus rencana pemekaran 14 desa. Jika nanti desa pemekaran didefinitifkan, maka otomotis akan diikutsertakan dalam Pilkades serentak.

Bupati Tebo Sukandar mengatakan, Pemkab Tebo tidak menganggarkan dana untuk Pilkades serentak tahun depan dari APBD murni tahun 2022.

"APBD murni tahun 2022 fokus untuk anggaran pemekaran 14 desa, sedangkan untuk Pilkades akan dianggarkan pada APBD perubahan," kata Sukandar, Senin (20/12/2021).

Sukandar menyebutkan, saat ini pihaknya belum menentukan jumlah desa dan berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk Pilkades serentak 2022.

"Pelaksanaan Pilkades kita rencanakan di atas bulan Juni, anggarannya juga belum ditentukan," sebutnya.

Sementara itu.Lurah Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah A Zulfahmi mengatakan, saat ini yang belum selesai soal pemekaran hanya desa di Kecamatan Tebo Tengah, karena masih dalam tahapan penyelesaian tapal batas.

"Saat ini untuk pemekaran desa di Kecamatan Tebo Tengah masih menyelesaikan tapal batas, secepatnya akan kita selesaikan," katanya.


Penulis: Suci Ramadhan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments