MUARASABAK - Dalam menghadapi perayaan tahun baru 2022, arus lalu lintas di Kabupaten Tanjabtim terus meningkat, baik itu kendaraan yang datang dari luar maupun dari dalam Kabupaten Tanjabtim. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk menjaga keselamatan dalam berkendara.

"Kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan untuk selalu waspada, utamakan keselamatan," kata Kasat Lantas Polres Tanjabtim, Iptu Rio R Siregar.

Menurutnya, ada beberapa titik di ruas jalan lintas Jambi-Muarasabak yang dianggap rawan terjadi kecelakaan, terutama di malam hari, karena minim penerangan.

Dikhawatirkan ada beberapa pengendara belum memahami betul kondisi jalan tersebut, dan jika kurang berhati-hati ditakutkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Memang di jalan lintas yang berada di Desa Rantau Karya, Kecamatan Geragai itu minim penerangan. Maka dari itu, bisa menjadi rawan kecelakaan," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengimbau kepada pemilik warung makan yang berada di jalan lintas Jambi untuk menyediakan lahan parkir, agar saat parkir tidak memakan badan jalan. Bisa juga menyediakan rambu-rambu lalu lintas.

"Karena dampak dari kendaraan yang terparkir di badan jalan membahayakan bagi pengguna jalan. Dalam beberapa kasus Lakalantas di jalan lintas pintu masuk Tanjabtim, penyebabnya karena adanya kendaraan yang terparkir memasuki badan jalan tanpa adanya rambu-rambu," jelasnya.

Rio juga mengingatkan bagi pengendara roda empat dan roda dua, jika di dalam perjalanan merasakan kondisi badan kurang fit atau merasa kelelahan, sebaiknya memakai sopir cadangan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Untuk sopir atau pengendara motor jika merasa kelelahan atau mengantuk, lebih baik memanfaatkan rest area yang ada dan tidak memarkirkan kendaraan di badan jalan," tukasnya.


Penulis: Nanang
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments