JAKARTA - Pandemi COVID-19 membuat industri kuliner terguncang karena orang-orang tidak bebas datang ke restoran, apalagi sempat ada pembatasan yang membuat restoran-restoran harus ditutup. Di sisi lain, ada peluang yang muncul lewat layanan pesan antar dimana masyarakat bisa tetap menikmati makanan favoritnya tanpa harus ke luar rumah.

Head of Marketing GrabFood - Grab Indonesia, Hadi Surya Koe mengatakan masyarakat memang mencintai makanan dan Indonesia memiliki banyak pilihan makanan berlimpah untuk 270 juta penduduk negara ini, mulai dari restoran, pujasera, warung, dan jajanan kaki lima.

"Pengeluaran pengiriman makanan di Indonesia sendiri menyumbang sekitar 3,3 miliar dolar AS," kata Hadi kepada ANTARA via surel.

Hadi menuturkan sepuluh kategori makanan teratas yang banyak dicari di platform pemesanan makanan Grab.

Makanan cepat saji
Restoran-restoran cepat saji adalah salah satu yang menjadi pilihan bila ingin mengisi perut tanpa terlalu lama menunggu. Entah itu burger, kentang goreng atau ayam goreng, makanan cepat saji ternyata masuk kategori makanan teratas yang dicari konsumen.

Martabak
Makanan yang kerap disebut sebagai buah tangan yang tepat untuk menemui mertua menjadi salah satu hidangan yang digandrungi. Martabak biasa dijual pada petang hingga malam hari, menyediakan varian martabak manis untuk penyuka manis, juga varian gurih lewat martabak telur. Beberapa tahun belakangan, kian bermunculan inovasi yang membuat isian martabak lebih bervariasi, bukan cuma cokelat, keju dan kacang, tetapi hingga cokelat toblerone, nutella, teh hijau hingga red velvet.

Pizza
Makanan yang tergolong cepat saji ini memang berasal dari Italia, tetapi telah lama menjamur di Indonesia. Pizza yang praktis disantap menawarkan berbagai topping alias  pugasan seperti daging, keju dan saus-saus yang memikat lidah.Restoran-restoran pizza di Indonesia berusaha menarik perhatian konsumen dengan ragam inovasi rasa dan kemasan, termasuk pizza ukuran satu meter yang bisa disantap bersama-sama.

Bakso
Siapa yang tidak kenal bola-bola daging lezat dalam kuah bening yang panas? Enak disantap siang maupun malam hari, bakso adalah makanan yang bisa ditemui di banyak tempat, mulai dari pinggir jalan hingga di restoran. Sebagai makanan yang familier di lidah masyarakat dan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, tentu saja bakso jadi salah satu makanan yang paling banyak dicari di platform pesan antar tahun ini.


Ayam
Hidangan berbahan dasar daging ayam tak ada matinya, selalu punya tempat di hati penyuka kuliner. Di berbagai restoran, hampir semuanya menyediakan hidangan ayam di dalam menunya. Tak heran bila hidangan ayam juga menjadi salah satu makanan yang banyak dicari sepanjang 2021.

Nasi Goreng
Nasi goreng adalah salah satu hidangan populer Indonesia yang dikenal hingga ke luar negeri. Tanya saja kepada artis-artis mancanegara yang datang ke Indonesia tentang makanan Nusantara yang sudah mereka cicipi, hampir bisa dipastikan nasi goreng mereka ucapkan. Makanan ini biasa disajikan di rumah-rumah untuk sarapan, tapi tenda-tenda kaki lima, pedagang keliling hingga restoran di pusat perbelanjaan membuat nasi goreng bisa dinikmati kapan saja, termasuk untuk hidangan makan malam.

Burger
Sama seperti hidangan dari gerai siap saji lain, burger adalah salah satu favorit penyuka kuliner karena praktis untuk dimakan. Bukan cuma dari gerai-gerai siap saji yang buka cabang di Indonesia, sekarang ada banyak gerai-gerai burger lokal yang menawarkan berbagai menu menarik.

Seblak
Makanan pedas dan gurih dari Bandung ini salah satu jajanan pinggir jalan yang disukai. Seblak terdiri dari kerupuk yang direbus dengan rempah-rempah, lalu ditambah dengan sayur, telur dan daging. Makanan yang punya cita rasa kencur yang kuat ini juga salah satu yang paling banyak dicari di platform pemesanan.

Mie
Serupa dengan nasi, mie juga digandrungi oleh banyak orang. Mie bisa diolah dengan berbagai bumbu dan gaya, menciptakan variasi mie goreng dan mie rebus yang memberikan pilihan untuk penikmat kuliner.

Sate
Identik dengan kuliner yang cocok untuk makan malam, sate juga mirip seperti nasi goreng karena bisa dijumpai secara mudah di kaki lima hingga restoran. Setiap orang bisa memilih sesuai seleranya, apakah ingin menikmati sate berisi daging ayam atau kambing. Sate terasa lezat ketika dinikmati dengan sepiring nasi atau potongan lontong. Makanan populer yang biasanya dijajakan pada sore hingga malam hari ini juga termasuk dalam kategori makanan yang paling banyak dicari.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments