JAMBI - Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja mengatakan Polres setempat menyelenggarakan rapat koordinasi percepatan vaksinasi tahun 2022, terutama bagi orang tua (lansia) dan anak-anak usia 6 sampai 11 tahun.

Yuyan usai rapat kordinasi di aula Puskesmas Sengeti bersama dinas dan instansi terkait di Kabupaten Muarojambi, Sabtu (8/1/2022) mengatakan rapat kordinasi pada hari ini dalam percepatan vaksin di kabupaten tersebut.

Dalam arahannya Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan untuk menyatukan langkah dan persepsi angka capaian vaksinasi di wilayah Muarojambi, terutama bagi anak, lansia dan yang lainnya.

Langkah yang utama dilakukan selanjutnya adalah vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun.

Kapolres meminta kepada dinas terkait untuk data target vaksinasi di update kembali, karena data yang dimiliki tidak sinkron, sehingga perlu didata kembali dari level tingkat bawah.

Ia berharap tenaga kesehatan atau nakes agar satu hari penuh di desa dengan sistem giliran, mungkin warga terkendala dengan waktu akibat pekerjaan.

Di setiap desa, lanjut Kapolres, harus memiliki kartu keluarga sesuai dengan by name, by address, berapa yang telah dan belum divaksinasi.

Untuk kegiatan vaksinasi perlu dilakukan pendampingan oleh dokter spesialis guna mengetahui secara pasti apakah penyakit komorbid yang diderita bisa dilakukan penyuntikan vaksin.

"Vaksinasi saat ini kita utamakan bagi lansia minimal di angka 60 persen, baru kita ke tahap selanjutnya, yaitu vaksinasi anak," ucapnya.

Kapolres menyampaikan tugas Camat, Kapolsek dan Danramil fokus pada sensus penduduk secara riil di masing-masing desa terkait target, capaian dan komorbid untuk memudahkan sasaran nakes melakukan penyuntikan. Semua pihak harus bersinergi dan lebih giat dalam hal capaian vaksinasi.

Camat dan unsur pemerintahan lainnya segera melakukan update dan pendataan kembali bagi masyarakat yang belum divaksin dan menentukan jadwal dan waktu untuk dilakukan vaksinasi.

Dalam rapat tersebut juga dihadiri, Pabung 0415/Jambi Letkol Inf Syafendi, Kadis Kesehatan Afipudin, Kadis Pendidikan Erwansyah, Kabid Yankes Dinkes drg Wulandari, Kabid Piak Dinas Dukcapil Helmi, Kasi Pemdes Dinas PMD Sopian, Camat Sekernan Muhammad Iqbal, Kapolsek Sekernan Iptu Wiji Nur Eko Wahyu.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments