MUARASABAK - Jalan lintas yang menghubungkan antara Kecamatan Geragai dan Kecamatan Mendahara di Kabupaten Tanjab Timur saat ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur telah menggelar rapat bersama perusahaan untuk melakukan perbaikan.

Sekda Tanjab Timur Sapril saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan Bappeda belum lama ini ada dua kategori, yakni rusak ringan dan rusak berat. Untuk wilayah Kecamatan Geragai, terdapat 14 titik rusak berat dan 62 titik rusak ringan.

"Total panjang rusak berat 750 meter dan rusak ringan sepanjang 1,4 Km. Total rusak berat dan ringan di Kecamatan Geragai sepanjang 2,1 Km," katanya.

Sementara, lanjutnya, untuk di wilayah Kecamatan Mendahara, yakni rusak berat 4 titik dan rusak ringan 23 titik. Sedangkan panjang untuk rusak berat sebanyak 70 meter dan rusak ringan sepanjang 305 meter dengan total keseluruhan sepanjang 375 meter."Untuk mengatasi kerusakan ruas jalan tersebut kami sudah berkoordinasi dengan beberapa stakeholder dan enam perusahaan untuk dapat membantu pemerintah dalam perbaikan," jelasnya.

Dari hasil pertemuan, disepakati berdasarkan hitungan estimasi dari Bappeda Tanjab Timur, material yang dibutuhkan sebanyak 400 kubik yang dibagi ke Lima perusahaan dengan masing-masing perusahaan 80 kubik. Sedangkan PetroChina yang akan melakukan perbaikan, seperti operasional, hamparan, peralatan dan sebagainya.

"Itu khusus rusak berat saja. Sedangkan untuk yang rusak ringan akan dikerjakan Pemkab Tanjab Timur melalui PUPR," ungkapnya.

Sekda mengungkapkan, bahwa untuk pekerjaannya dilakukan pengerasan kelas B. Tujuan dari perbaikan jalan tersebut salah satunya untuk memperlancar arus lalulintas dari Kecamatan Geragai ke Mendahara, dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, Sekda sangat mengharapkan pekerjaan perbaikan jalan itu bisa segera dilaksanakan.
"Mudah-mudahan perbaikannya bisa segera dilaksanakan, agar akses jalan menuju Kecamatan Mendahara bisa lancar," harapnya.


Penulis: Nanang
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments