Apapun perusahaan yang Anda kirim lamaran kerja, pastikan untuk membuat cv menarik, klik di sini untuk melihat beberapa contohnya. Skill dalam CV adalah salah satu bahan pertimbangan perusahaan dalam menilai kandidat untuk menempati posisi yang ditawarkan. Keterampilan penulisan dan keahlian apa saja yang Anda tulis dalam CV dapat menentukan ke proses wawancara dan bahkan bisa berlanjut ke proses rekrutmen.

Ketahui Skill Dalam CV Yang Perusahaan Cari

Perusahaan mungkin memiliki kebutuhan kandidat karyawan yang berbeda-beda. Tapi keterampilan yang diinginkan secara umum biasanya sama. Berikut adalah beberapa skilldalam CV yang jadi panduan perusahaan dalam menyeleksi karyawan masa sekarang:

1. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah salah satu kualitas yang menjadi pertimbangan dalam resume. Kemampuan ini bermanfaat dalam posisi yang bekerja dalam tim atau menangani beberapa orang dalam satu divisi.

Cantumkan kemampuan ini kalau Anda mengincar pekerjaan yang memimpin orang lain. Walaupun Anda belum pernah mengelola orang lain, Anda selalu bisa berlatih dan mempertajam skill ini. Mencantumkannya pada CV akan membantu Anda dalam mendapatkan wawancara kerja yang sesuai.

2. Pengolahan atau analisa data

Data merupakan bagian penting untuk memberikan informasi krusial baik dalam membuat keputusan atau menetapkan strategi bisnis. Skilldalam CV mencerminkan kontribusi yang bisa Anda berikan sebagai bagian dalam tim atau perusahaan.

Ini adalah keterampilan yang akan bermanfaat bila Anda sebutkan dalam surat lamaran kerja. Menuliskannya dalam CV berarti Anda bisa benar-benar melakukannya. Kalau pewawancara ingin memastikan Anda memiliki skill ini, mereka dapat mengetes Anda.

3. Pemasaran atau Marketing

Saat ini hampir semua posisi diharapkan bisa memasarkan sesuatu. Mulai dari karyawan baru bagian pendataan sampai pimpinan suatu divisi. Jadi, apapun lowongan pekerjaan yang Anda minati, menyebutkan kalau bisa dan bersedia untuk berjualan adalah poin penting.

Pemasaran tidak selalu berarti ke jalan-jalan dan menjual sampel atau paket khusus. Anda bisa mendukung pemasaran digital yang bahkan bisa dilakukan secara anomali. Perhatikan berbagai jenis-jenis pemasaran yang tepat bagi Anda.

4. Bekerja Dengan Dateline

CV menentukan apakah Anda akan bisa berlanjut ke tahap selanjutnya seperti wawancara. Oleh karena itu, pertimbangkan skill dalam CV yang akan membuat pewawancara tertarik untuk memanggil Anda berdasarkan kemampuan apa saja yang membuat mereka menonjol.

Umumnya perusahaan akan tertarik dengan kemampuan kerja dengan tekanan, kalau diperhalus adalah tidak kebingungan dengan dateline. Ini adalah kualitas yang bagus untuk dimasukkan dalam CV. Ceritakan saja kalau Anda dapat bekerja secara profesional sesuai dengan tanggung jawab yang dimiliki sesuai tiap posisi.

5. Kemampuan Bahasa Asing

Apakah Anda menguasai bahasa asing? Jangan lupa untuk mencantumkan pada surat lamaran yang Anda kirimkan. Ini adalah poin tersendiri untuk membedakan Anda dari pelamar lainnya. Anda juga bisa menuliskan bahasa lain baik yang bisa Anda pakai baik secara aktif maupun pasif.

Komunikasi adalah bagian penting dalam pekerjaan dan penguasaan bahasa mengambil porsi yang cukup besar. Cantumkan skill ini untuk perusahaan internasional atau lokal yang Anda minati. Tidak hanya perusahaan asing yang memerlukan pegawai yang bisa beberapa bahasa.

6. Orientasi pada layanan

Skill dalam CV juga bisa menjadi petunjuk bagi pewawancara untuk menempatkan Anda pada pekerjaan tertentu. Orientasi untuk melakukan layanan berarti menyukai tanggung jawab yang berkaitan dengan membantu atau melayani orang lain.

Kalau hal tersebut adalah pilihan karier Anda, maka bisa tuliskan orientasi pada layanan dalam CV. Anda menyukai interaksi dengan orang lain serta membantu mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan.

7. Kreatif dan Inovatif

Ada banyak hal bisa diinterpretasikan sebagai kreatif atau inovatif. Ini adalah keterampilan yang perusahaan rintisan atau baru cenderung lebih sukai. Bukan berarti perusahaan besar tidak mencari hal-hal baru yang bisa diterapkan pada bisnisnya.

Pada dasarnya, menyatakan diri sebagai seseorang yang kreatif akan berarti Anda bisa mencari solusi dengan cepat. Inovatif dapat mengindikasikan kalau Anda dapat berpikir diluar kotak dan memikirkan hal-hal yang baru dan membuat semuanya serba unik.

8. Penguasaan Komputer

Ada banyak bahasa pemrograman atau aplikasi yang memakai komputer. Sebutkan apa saja yang Anda bisa dalam kolom penguasaan keterampilan pada CV. Usahakan untuk bisa memakai komputer dan bukan hanya sekedar Microsoft Office.

Coba untuk mengenal dan bisa mengoperasionalkan berbagai aplikasi yang berbeda untuk menambahkan nilai Anda. Dengan demikian, kemungkinan untuk pindah ke tahap proses rekrutmen selanjutnya akan jadi lebih besar.

Itulah beberapa skill dalam CV yang kalau Anda cantumkan akan sangat bermanfaat untuk membuat Anda terlihat menonjol. Sesuaikan dengan kemampuan yang benar-benar Anda miliki. Jadi, apa yang dicantumkan memang Anda miliki.

Tiap harinya ada banyak surat lamaran kerja yang harus disortir tiap harinya, CV yang Anda kirimkan perlu membuat pewawancara tertarik, bagian skill adalah salah satu bagian yang akan menentukannya.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments