MUARATEBO - Proses pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat sudah dapat dipastikan terealisasi untuk Kabupaten Tebo.

Dana pinjaman tersebut akan diperuntukkan bagi pembangunan jalan di Kabupaten Tebo. Saat ini dana tersebut masih dalam proses pencairan.

Dinas PUPR Tebo sekarang tinggal menunggu proses lelang yang sedang dilaksanakan ULP Tebo.

"Tahapan pencairan setelah ada pemenang tender, dan awal pencairannya itu dimulai 25 persen, setelah adanya tanda tangan perjanjian kontrak dari pemberi dengan penerima kontrak, setelah terserap 75% turun lagi 45%, kita mau tarik lagi harus terserap 90%. Jadi sisanya hanya 10% di kas,“ ujar Kepala Bakeuda Tebo Nazar Efendi, Selasa (25/1/2022).

Kepala ULP Tebo Richi saat dikonfirmasi mengatakan, jumlah jalan yang akan dikerjakan sebanyak 2 paket. "Dana tersebut difokuskan untuk perbaikan jalan di dua kecamatan yakni, Serai Serumpun dan Muara Tabir," jelas Richi.

Ia berharap rekanan nantinya mampu memperbaiki jalan di wilayah dua kecamatan tersebut, dan untuk rincian panjang kondisi jalan itu ada di Dinas PUPR Tebo.

"Saat ini masih dalam proses lelang, mudah-mudahan awal Februari ini, hasil lelang sudah ada dan bisa segera dikerjakan. Sekarang ini masih dalam proses perencanaan," ungkapnya.

Richi menyebutkan, pihaknya masih menunggu kelengkapan berkas dari Dinas PUPR Tebo. "Pada dasarnya kita akan cepat menyelesaikan proses lelang, namun kita juga masih menunggu kelengkapan berkas dari PUPR," katanya.


Penulis: Suci Ramadhan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments