MUARATEBO - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Tebo mengeluarkan surat edaran Nomor: 560/110/Disperindagnaker/2022.

Kepala Bidang Naker Disperindagnaker Kabupaten Tebo Ali Bato menyebutkan, surat edaran tersebut telah disebarkan kepada semua perusahaan yang berada di wilayah  Tebo.

"Edaran tersebut dalam rangka menindaklanjuti Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 914/Kep.Gub/Disnakertrans-3.3/2021 tentang Standar Upah Minimum (UMP) Propinsi Jambi Tahun 2022," kata Ali, Selasa (8/2/2022).

Dikatakan Ali, edaran ini juga sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan hidup pekerja/buruh beserta keluarganya.

"Maka dari itu kita menginventarisasi serta mengevaluasi upah yang diberikan perusahaan kepada karyawannya di Kabupaten Tebo, apakah sudah sesuai standar Pergub atau tidak," kata Ali.

Surat edaran tersebut sudah dikirim ke perusahaan-perusahaan yang ada di Tebo pada 10 Januari 2022. "Mulai minggu ini kita dari Dinas Perindagnaker akan turun ke beberapa perusahaan untuk ngecek realisasi UMP, apakah mereka telah mengikuti SE tersebut atau tidak," jelasnya.

Dikatakannya lagi, apabila perusahaan tidak mengindahkan SE tersebut, pihaknya akan melakukan imbauan kembali.

"Jika imbauan yang kami berikan tidak dilaksanakan juga, maka kami akan melaporkan kepada pengawas ketenagakerjaan Provinsi Jambi," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments