LOMBOK TENGAH - Komando Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (purn) Hadi Tjahjanto menyatakan, dari hasil tes swab PCR yang telah dilakukan kepada para kru dan pembalap tes pramusim MotoGP tidak ada yang positif Covid-19 termasuk varian baru Omicron.

"Allhamdulilah semua kru dan pembalap tes pramusim MotoGP Mandalika bebas Covid-19," kata Hadi saat meninjau Sirkuit Mandalika di Praya, Jumat (11/2/2022).

Ia mengatakan, keamanan para kru dan pembalap dari virus Covid dipastikan aman dengan adanya penerapan trevel bubble, baik itu mulai dari kedatangan sampai dengan ke tempat penginapan serta di are Sikuit Mandalika.

"Selama acara balapan di area paddock Sirkuit itu yang masuk adalah kru dan pebalap," katanya.

Ia mengatakan, sebelum mereka mulai balapan, kru dan pebalap akan kembali menjalani tes swab PCR. Selain itu, semua sopir kendaraan kru dan pembalap serta karyawan hotel tempat mereka menginap di tes swab PCR.

"Pengawasan penerapan protokol kesehatan terus kita diperketat, sehingga semuanya di tes PCR termasuk mengambil sampel warga yang ada di lingkar sirkuit," katanya.

Sebelumnya, pemerintah juga akan menerapkan mekanisme travel bubble saat gelaran ajang MotoGP Sirkuit Mandalika tanggal 18 -20 Maret 2022 mendatang. Mekanisme ini juga akan memudahkan proses selanjutnya di mana setelah pemeriksaan administrasi selesai, rombongan akan ditempatkan di hotel masing-masing tempat mereka menginap.

"Hal ini untuk mengantisipasi resiko virus Covid-19 masuk ke Indonesia, saat peserta dan tim MotoGP tiba. Di hotel pun selanjutnya tetap dilaksanakan pemeriksaan PCR," kata Hadi Tjahjanto.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments