JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi mengejar capaian dosis lengkap vaksinasi Covid-19 dengan melakukan optimalisasi sistem jemput bola.

"Saat ini Oemerintah Provinsi Jambi tengah mengejar vaksinasi dosis lengkap, dimana untuk capaian vaksinasi dosis pertama persentasinya sudah cukup tinggi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Dokter Ferry Kusnadi, Kamis (10/2/2022).

Per tanggal 8 Februari 2022, capaian vaksinasi Covid-19 Provinsi Jambi untuk dosis pertama sudah mencapai 88,10 persen. Dari 2.686.193 orang sasaran vaksinasi Covid-19, yang sudah di vaksin dosis pertama sebanyak 2.366.660 orang.

Kemudian untuk capaian vaksinasi dosis ke dua sebesar 62,23 persen atau sebanyak 1.671.740 orang. Adapun capaian vaksinasi dosis ke tiga baru mencapai 1,48 persen atau baru sebanyak 39.764 orang.

Ferry menjelaskan, langkah pertama untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis lengkap petugas melakukan vaksinasi jemput bola ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlebih dahulu. Selain itu juga dilakukan kerjasama dengan organisasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi, seperti ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lembaga Adat Melayu (LAM) dan organisasi masyarakat lainnya.

"Selain itu vaksinasi di fasilitas kesehatan seperti di Puskesmas dan Rumah Sakit tetap berjalan," kata Ferry.

Sementara itu terkait dengan masih rendahnya capaian vaksinasi Covid-19 dosis ke dua dikarenakan banyak masyarakat yang enggan melakukan vaksinasi dosis ke dua.

Sukarno, warga Kabupaten Batanghari menyatakan Ia sudah di vaksin dosis pertama. Namun Ia enggan melakukan vaksinasi dosis ke dua karena menurutnya vaksinasi dosis pertama sudah cukup.

"Dosis pertama sudah cukup dan sampai saat aman-aman saja," kata Sukarno.

Supandi, warga lainnya mengatakan Ia tidak melakukan vaksinasi dosis ke dua karena lupa dengan tanggal vaksinasi dosis ke dua.

"Kalau saya lupa tanggal vaksinasi dosis ke dua, karena sudah terlewat ya sudah jadi malas mau vaksin lagi, dosis pertama sepertinya sudah cukup," kata Supandi.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, baik itu dosis pertama, ke dua dan ke tiga.

Masyarakat yang sudah lebih dari enam bulan mendapatkan vaksinasi dosis ke dua akan mendapatkan tiket vaksinasi dosis ke tiga melalui aplikasi PeduliLindungi.

Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan tiket vaksinasi dosis ke tiga dapat mendatangi fasilitas kesehatan untuk melakukan vaksinasi, seperti ke Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerahnya. 


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments