KERINCI - Penanganan sampah di Kabupaten Kerinci masih menjadi persoalan serius yang harus mendapatkan perhatian semua pihak. Bukan hanya dari pemerintah daerah, persoalan sampah ini juga harus didukung oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.

Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Kerinci Askar Jaya mengatakan, pemerintah daerah tidak bisa melakukan penanganan sampah secara maksimal, dengan ketersediaan sarana prasarana yang terbatas dan jangkauan wilayah yang cukup luas.

"Makanya, kami mendorong agar ada keterlibatan pemerintah kecamatan dan desa untuk menangani persoalan sampah tersebut, mengingat di Dana Desa (DD) ada anggaran yang bisa dimanfaatkan untuk menangani persoalan lingkungan hidup, salah satunya yakni kebersihan lingkungan,” kata Askar, Selasa (22/2).

Askar menyebutkan, di samping meminta keterlibatan pemerintah kecamatan dan desa, saat ini pemerintah daerah juga tengah mengupayakan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) dengan sistem Reuce, Reduce dan Recycle (3R) di dua lokasi.

“Kami juga tengah mengoptimalkan dengan membangun TPS 3R yang juga bisa membuat sampah bernilai ekonomis, karena kalau dikelola dengan baik, sebenarnya sampah bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat, tapi ini harus disosialisasikan sekaligus memberi edukasi, agar masyarakat mau memilah sampah,” katanya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments