SUNGAIPENUH - Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh mulai melaksanakan vaksinasi lanjutan atau vaksinasi dosis ketiga (Booster) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat umum.

Sekertaris Dinkes Sungaipenuh Azwarman mengatakan, selain dilaksanakan disejumlah gerai, vaksinasi booster juga digelar disetiap Puskesmas.

Pelayanan vaksinasi booster ini hanya diberikan kepada masyarakat yang telah memenuhi syarat, yakni sudah melaksanakan vaksinasi dosis kedua minimal dengan kurun waktu 6 bulan.

“Walaupun sekarang sudah ada aturan baru terkait masyarakat bisa melaksanakan vaksin booster dengan kurun waktu 3 bulan pasca vaksinasi dosis kedua,tapi kami masih mengacu pada aturan lama. Sampai kami mendapat surat edaran resmi dari pemerintah pusat,” kata Azwarman, Rabu (23/2).

Azwarman menyebutkan, untuk vaksinasi booster tahap awal, pihaknya menggunakan vaksin jenis astra zaneca dan pfizer. Hal ini sesuai dengan ketersediaan vaksin di Kota Sungaipenuh yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

“Kami mengajak warga yang belum di vaksin termasuk yang akan mengikuti vaksinasi lanjutan, untuk mendatangi Puskesmas terdekat maupun gerai-gerai vaksin yang ada. Karena vaksinasi ini merupakan program pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat dari penyebaran virus Covid-19,” katanya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments