JAMBI - Sebanyak 91 program studi dari delapan fakultas di Universitas Jambi (Unja) siap melaksanakan penerimaan mahasiswa baru (PMB) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Unja menyediakan 91 Program studi yang dapat dipilih calon mahasiswa dari 29 Jurusan dan delapan fakultas," kata Koordinator Pusat Humas dan Promosi Universitas Jambi Mochammad Farisi, Jumat (25/2).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan SNMPTN Tahun 2022. Peserta Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2022 diikuti oleh 75 Perguruan Tinggi Negeri yang terdiri dari universitas dan institut.

Kemudian 39 Politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang ada di Indonesia dan Universitas Jambi salah satu Universitas yang ikut melaksanakan PMB Tahun 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi Dr Kamid mengatakan ada dua proses yang harus dipenuhi dalam pembukaan SNMPTN tahun 2022. Yang pertama, pengisian pangkalan data dari sekolah siswa, disana ada registrasi akun kemudian di akses di SNMPTN.

Kemudian pengisian PDSS pada tanggal 08 Januari hingga 08 Februari yang dilanjutkan dengan pendaftaran pada tanggal 14-28 Februari dan pengumuman hasil seleksi pada tanggal 29 Maret 2022.

"Untuk siswa yang sudah memiliki akun LTMPT sudah bisa mendaftar," kata Kamid.

Gelombang kuota penerimaan mengutip SK menteri, untuk jalur SNMPTN sebanyak 25 persen, sedangkan untuk jalur SBMPTN sebanyak 45 persen dan untuk jalur penerimaan mandiri hanya 30 persen.

Selain itu Universitas Jambi juga akan melakukan sosialisasi yang berhubungan dengan pendaftaran SBMPTN yaitu melakukan live streaming melalui media Instagram dan juga akan melakukan media daring melalui televisi.

Kemudian untuk persyaratan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN yaitu siswa harus memiliki akun LTMPT setelah itu siswa mengikuti semua petunjuk-petunjuk yang tercantum di akun LTMPT tersebut.

Universitas Jambi memiliki 32 guru besar, 309 doktor dan 819 dosen dengan akreditasi institusi B kemudian memiliki 11 akreditasi A di 11 program studi dan 69 akreditasi B.

Sedangkan fasilitas dan layanan yang ada di Universitas Jambi yaitu asrama mahasiswa, balairung, jaringan internet, kantin, kantor bank dan ATM, klinik, kesehatan, laboratorium dasar, parkiran, perpustakaan, pusat komputer, pusat pengendalian keamanan dan sarana olahraga, Kemudian sarana publikasi, sistem informasi, tempat ibadah, dan sarana transportasi yang terkoneksi dengan angkutan Trans Singinjai.

Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang penerimaan mahasiswa baru di Universitas Jambi calon mahasiswa dapat mengunjungi laman https://www.unja.ac.id/ dan https://pmb.unja.ac.id/.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments