JAKARTA - Hati atau liver melakukan berbagai tugas penting di dalam tubuh. Oleh karena itu, organ ini harus dijaga kesehatannya dengan melakukan diet seimbang.

Membantu memproduksi protein, kolesterol, dan empedu, memecah racun dan menjaga metabolisme merupakan beberapa tugas dari liver. Selain itu menyimpan vitamin, mineral, dan bahkan karbohidrat juga merupakan pekerjaan liver.

Menurut ahli gizi Pritika Bedi, yang merupakan pendiri Healthsake, dengan berbagai fungsi kesehatan yang dilakukannya, menjaga hati selalu dalam kondisi yang baik adalah hal yang sangat penting.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk liver sebagaimana dilansir Indian Express, Selasa (1/3).

Teh

Teh memiliki antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan liver. Teh hitam dan hijau dapat membantu meningkatkan kadar enzim dan lemak di liver.

Konsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan liver yang baik. Secara khusus, teh hijau dapat meningkatkan kadar enzim liver, mengurangi stres oksidatif, dan mengurangi lemak liver.

Tahu

Tahu baik untuk liver karena terbuat dari kedelai, dan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di liver. Menjadi alternatif protein yang sehat, kedelai dan tahu adalah tambahan yang baik untuk kesehatan liver.

Beberapa makanan kedelai termasuk edamame, tempe, miso, tauge, kacang kedelai, beberapa yogurt non-susu juga baik untuk kesehatan liver.

Buah-buahan

Buah-buahan dalam jumlah sedang, dapat membantu menjaga kesehatan liver Anda. Jeruk dan grapefruits baik untuk menjaga liver. Vitamin C dalam jeruk membantu dalam pencegahan penumpukan lemak di liver.

Demikian pula, antioksidan dalam jeruk Bali telah terbukti melindungi liver. Beberapa buah lain seperti cranberry dan blueberi juga memiliki antioksidan.

Ini telah terbukti membantu melindungi liver dari kerusakan dan memperlambat perkembangan jaringan parut. Demikian juga, ekstrak bluberi dan ekstrak biji anggur dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker liver, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Oat

Oat baik untuk liver karena kaya akan serat. Selain kaya antioksidan, oat dikenal untuk mempercepat pemulihan liver yang sehat. Hal ini juga telah terbukti memperlambat kematian sel-sel liver yang rusak. Beberapa makanan berserat tinggi lain yang serupa di antaranya biji-bijian dan kacang-kacangan.

Kopi

Kopi dalam jumlah sedang dapat memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ini terkait dengan penurunan risiko penyakit liver. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi menurunkan risiko sirosis, atau kerusakan liver permanen, pada orang dengan penyakit liver kronis. Minum dalam jumlah sedang dapat mengurangi risiko terkena kanker liver.

Sayuran

Menambahkan sayuran silangan ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan mental.

Sayuran cruciferous sangat bermanfaat untuk kesehatan liver, termasuk brokoli, kembang kol, kubis Brussel, bayam, dan banyak lagi. Mereka juga dapat membantu mencegah dan melawan penyakit liver berlemak non-alkohol.

Demikian pula, sayuran hijau seperti bayam juga dikemas dengan antioksidan glutathione yang kuat dan dapat membantu meningkatkan fungsi hati.

Kacang-kacangan

Sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan dapat mengurangi peradangan. Kacang-kacangan bisa menjadi camilan sehat yang menjaga liver.

Mereka kaya akan vitamin E dan senyawa tanaman, dan dapat mengurangi risiko penyakit liver alkoholik. Sertakan segenggam kacang seperti almond dalam diet harian Anda karena dianggap sebagai lemak sehat dan juga baik untuk jantung.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments