MUARASABAK - Kondisi jalan utama Desa Siau Dalam menuju tiga desa lainnya, yaitu Sungai Ular, Kota Harapan, dan Lambur luar, kondisinya memprihatinkan. Jalan yang dibangun pada 2017 itu kini kondisinya rusak parah.

Salah seorang pengguna jalan, Upek mengatakan kerusakan jalan Desa Siau Dalam sudah sangat parah. Para pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melalui jalan tersebut.

"Kalau tidak hati-hati pasti terjebak," katanya, Selasa (8/3).

Ditambahkan Upek, saat ini jalan juga tergenang akibat air pasang. Untuk melintasi ruas jalan tersebut butuh nyali besar dan pengendara tahu persis kondisi jalan, arena di sisi kiri dan kanan jalan ada aliran sungai yang cukup dalam.

"Terkadang kalau sopir baru tidak berani melintas kalau pas air pasang. Kalau warga sekitar sudah hafal mana yang bisa di lalui dan mana yang tidak," bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Siau Dalam Sarman mengatakan jika kondisi jalan utama yang merupakan akses penghubung tiga desa mengalami kerusakan parah.

"Kerusakan terjadi sudah hampir satu tahun ini. Namun jika dibiarkan kerusakan bisa semakin parah," ujarnya.

Dikatakan Sarman, sejak dibangun pada 2017 lalu baru ada satu kali perbaikan yang dilakukan oleh dinas pekerjaan umum. Namun karena kondisi perbaikan hanya bertahan beberapa bulan saja.

"2021 lalu ada perbaikan, tapi hanya bertahan hitungan bulan saja," kata Sarman.

Ia berharap ada perbaikan segera oleh dinas terkait agar kerusakan tidak semakin parah. Karena dilokasi tepatnya di dusun 4,3,2 selain kerusakan mengakibatkan lubang di tengah jalan. Saat air pasang jalan juga tergenang oleh air. "Akibatnya kerusakan semakin cepat," ujarnya.

Menurut Sarman, pihak desa telah berkoordinasi dengan dinas terkait. Bahkan beberapa hari lalu ada peninjauan oleh salah satu petugas di dinas PU kabupaten ke lokasi kerusakan jalan.

"Mudahan-mudahan segera di lakukan perbaikan segera,"tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments