JAMBI - Panggung pementasan berikut tribun penonton yang representatif melengkapi fasilitas ruang publik di Taman Hutan Muhammad Sabki Kota Jambi.

"Sekarang Taman Hutan Muhammad Sabki Kota Jambi memiliki panggung pementasan dan tribun penonton yang refresentatif, silakan siapapun bisa memanfaatkan fasilitas ini baik untuk pentas seni, musik atau lainnya," kata Kepala Unit Pelayanan Terpadu  Daerah (UPTD) Taman Hutan M Sabki Kota Jambi M Fauzi, Rabu (16/3).

Taman Hutan Kota Muhammad Sabki merupakan satu dari sejumlah ruang publik  dan tempat tempat pariwisata di yang ada di Kota Jambi dengan tutupan hutan yang  rimbun.

Taman hutan itu  multifungsi yakni  sebagai tempat wisata alam, olahraga, perkemahan, outbond, pendidikan dan penelitian, pelestarian plasma nutfah, pelestarian keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta ekosistem serta budaya hasil hutan bukan kayu.

M Fauzi menyebutkan, kehadiran panggung pementasan menambah lengkap fungsi dari kawasan tersebut. Bisa untuk  pentas seni acara-acara kreatifitas masyarakat, kawula muda serta lainnya. Bisa juga untuk pentas musik, pagelaran tari dan lainnya.

"Pokoknya fasilitas yang ada di sini bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat Kota Jambi," katanya.

Kendati tingkat kunjungan dan pemanfaatan fasilitas di sana yang terhadang pandemi Covid-19, namun pihak pengelola tetap berupaya menyesuaikan target-target baik pengembangan, peningkatan pengunjung dan lainnya.

"Pada masa pandemi Covid-19, pengunjung berkurang, ada pembatasan orang untuk berkumpul. Kami sudah memfasilitasi dengan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan pengunjung menggunakan masker dan jaga jarak," katanya.

Taman Hutan Kota Jambi yang memiliki koleksi aneka binatang dan burung tersebut terus melakukan pembenahan, membangun infrastruktur termasuk pengerasan jalan untuk pengunjung. Juga melengkapi dengan mushola untuk pengunjung di lokasi itu.

"Di dalam lingkungan hutan kota juga terdapat akses  jogging trek," kata M Fauzi menambahkan.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments