JAMBI - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi memperkirakan awal Ramadan jatuh pada 2 April 2022. Sedangkan Idul Fitri diperkirakan jatuh pada 2 Mei 2022. 

Kasi Kemasjidan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Rocki mengatakan, secara kalender awal puasa akan datang pada 2 April 2022. Namun, itu baru perkiraan sebab ketentuan resmi akan diumumkan oleh Kemenag RI.

“Nanti harus diputuskan oleh negara, melalui sidang isbat penentuan awal puasa Ramadan,” katanya, Minggu (27/3).

Hanya saja, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi mulai mempersiapkan pemantauan awal puasa di Jambi. Hasilnya akan dilaporkan ke pusat. Lokasi pemantauan hilal adalah Hotel Odua Weston Kota Jambi.

Menurut Rocki, bagian atas hotel tersebut adalah lokasi yang paling tinggi di Kota Jambi. Pemantauan akan dilakukan pada 1 April mendatang.

Jika hilal sudah terlihat, maka ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim bisa dilaksanakan.  “Tapi kita hanya memantau, tidak menentukan jadwal pelaksanaan ibadah puasa,” tegasnya lagi.

Dia menambahkan, biasanya awal puasa ditentukan setelah hilal berada pada ketinggian 2 derajat. 

Sementara itu, sampai saat ini belum ada surat atau pemberitahuan dari pemerintah pusat terkait larangan tarawih di masjid. Namun, lanjut dia, karena kondisi Covid-19 melandai maka tarawih berjamaah di masjid dibolehkan.

Tahun lalu, salat tarawih berjamaah di masjid digelar terbatas yakin 50 persen dari kapasitas masjid.

“Kalau sekarang sepertinya full, tak ada pembatasan, karena sampai sekarang tak ada informasi pembatasan, bahkan shaf dalam salat sudah dirapatkan lagi,” tutupnya.

Terpisah, Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jambi H Suhaimi Chan menjelaskan bahwa Muhammadiyah berpedoman pada maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022  tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

“Pimpinan Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022,” jelasnya. Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah  jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments