JAMBI - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Bosar Pasribu menyatakan ruas jalan nasional yang berada di wilayah Provinsi Jambi dalam kondisi baik dan siap menghadapi pemudik tahun 2022 ini, meskipun saat ini proses pemeliharaan jalan masih berlangsung.

"Dalam rangka melayani lalu lintas mudik lebaran kita harapkan pada bulan April semua lubang sudah tertutup," kata Bosar Pasaribu, Kamis (31/3).

Bosar menjelaskan jalan nasional di wilayah Provinsi Jambi dalam kondisi baik, meskipun saat ini masih dilakukan pemeliharaan di beberapa ruas jalan berupa penambalan lubang dan pembangunan drainase jalan.

Pemeliharaan ruas jalan nasional tersebut dilakukan berdasarkan tingkat kerusakan jalan di setiap titik di ruas jalan nasional. Artinya tidak seluruh bagian jalan di setiap ruas jalan dilakukan pemeliharaan. Dan pemeliharaan di setiap ruas jalan tersebut disesuikan dengan tingkat kerusakan jalan.

Jika jalan dalam kondisi rusak ringan dilakukan penampalan, peching dan sebagainya. Namun jika kondisi jalan dalam keadaan rusak berat maka dilakukan pengaspalan dan pemeliharaan lainnya. Dimana pemeliharaan jalan yang dilakukan berupa rehab mayor, minor hingga rekonstruksi jalan.

Menurut Bosar yang masih menjadi fokus pemeliharaan yakni KM 14 Mestong. Dimana saat turun hujan ruas jalan tersebut tergenang air, hal tersebut karena pembuangan drainase jalan tidak dapat berfungsi dengan baik dikarenakan tempat pembuangan air yang masih belum jelas.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Pemkab Muarojambi, dimana mau dibuat pembuangan air di ruas jalan tersebut," kata Bosar Pasaribu.

Seperti diketahui, di Provinsi Jambi terdapat 76 ruas jalan nasional dengan panjang mencapai 1.317 kilometer.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments