JAMBI - Polisi dikabarkan telah mengamankan tiga petugas pengangkut barang (porter) di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang diduga terlibat pencurian isi bagasi penumpang Lion Air. 

Informasi itu diungkap oleh Rusdi Chaniago (45), warga Kota Jambi yang kehilangan uang di dalam bagasi saat terbang dengan Lion Air dua pekan lalu. “Saya mendapat kabar yang diamankan tiga pekerja di Bandara Sultan Thaha Jambi,” ungkap Rusdi.

Bahkan, tambah Rusdi, dari tangan ketiga pekerja itu petugas berhasil mendapatkan sisa uang miliknya sebesar Rp 22 juta dari Rp 35 juta yang hilang. “Uangnya masih ada, sisa digunakan pelaku Rp 13 juta,” ujarnya.

Dia juga mendapat informasi bahwa polisi berhasil melacak sisa uang tersebut disembunyikan di kandang ayam. “Itu kata bapak petugas (polisi) cerita ke saya,” ujarnya.

Menurut Rusdi, ketiga pelaku sementara dititip di sel tahanan Polresta Jambi. Kemungkinan penanganan kasus ini diserahkan oleh Polres Bandara Soekarno Hatta ke Polresta Jambi.

“Sebab lokasi kejadian di Jambi, pelaku juga beralamat di Jambi,” ujarnya. Rusdi mengucapkan terimakasih atas keberhasilan petugas mengungkap kasus ini dan mengamankan para pelaku.

Sayangnya, Kapolres Bandara Soekarno  Hatta Kombes Pol Sigit Dany Setyono belum bersedia memberikan keterangan kepada media. Demikian pula dengan Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi. 

“Belum bisa saya jawab karena kasus ini masih dalam proses penyidikan oleh anggota di lapangan,” ujar Eko, Sabtu (2/4), usai mendampingi kunjungan kerja Dirut Pertamina ke Jambi.

Rusdi Chaniago kehilangan uang Rp 35 juta di dalam tas yang dimasukkan ke bagasi pesawat Lion Air penerbangan dari Bandara Sultan Thaha Saifuddin menuju Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, dua pekan lalu.

Dia berangkat dengan pesawat Lion Air JT601. Setelah sampai di Bandara Soekarno-Hatta, dia diingatkan untuk mengecek isi tasnya. “Dan saya cek uang di dalam tas senilai Rp 35 juta sudah tidak ada lagi,” tambahnya.

Rusdi melaporkan kasus ini ke Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Petugas langsung mengecek kamera pengawas yang berada di Bandara Soekarno-Hatta, namun tidak membuahkan hasil," kata dia.

Belakangan ketahuan bahwa uang tersebut hilang di Jambi. “Pelakunya sudah ditahan yang merupakan orang Jambi," kata dia. Pihak Lion Air dan Bandara Sultan Thaha Jambi belum bisa dimintai keterangan.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments