JAMBI - Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menghimbau masyarakat di daerah itu untuk menjalani  mudik Lebaran 1443 Hijriah tahun 2022 dengan aman.

"Kelonggaran yang diberikan pemerintah harus disikapi dengan baik, maka dari itu mari laksanakan mudik lebaran dengan aman," kata Abdullah Sani.

Abdullah Sani menjelaskan pemerintah telah mengeluarkan aturan yang harus di taati selama mudik Lebaran libur hari raya Idul Fitri 1443 hijriah. Diantaranya tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang pembatasan kegiatan masyarakat yang dilaksanakan dari tanggal 19 April sampai dengan 9 Mei 2022.

Kemudian Surat Edaran Satgas Covid-19 tentang perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19 yang berlaku dari April 2022. Dalam kebijakan pemerintah tersebut telah di atur secara khusus perjalanan sesuai dengan level asesmen di masing-masing daerah.

Masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik dengan mematuhi aturan seperti telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 hingga dosis ke tiga atau vaksinasi penguat. Kemudian melaksanakan swab PCR atau tes antigen. Serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam perjalanan maupun setelah tiba di kampung halaman.

Hal tersebut dilakukan agar seluruh keluarga terlindungi dari penyebaran Covid-19. Serta pastikan rumah yang di tinggalkan dalam kondisi aman dan kendaraan yang digunakan juga dalam kondisi baik dan siap untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Selain itu Abdullah Sani juga mengimbau agar pihak-pihak yang melaksanakan operasi ketupat tahun 2022 dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Sinergi antar pemangku kepentingan harus berjalan dengan baik," kata Abdullah Sani.

Pihak-pihak yang terlibat dalam petugas operasi ketupat tahun 2022 di harapkan dapat memberikan imbauan dan mengawasi kegiatan masyarakat agar tetap melaksanakan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian mendorong pengelola tempat wisata memastikan aplikasi peduli lindungi terpasang dan benar-benar digunakan.

"Jika menemukan warga yang belum divaksin arahkan ke gerai vaksin terdekat," kata Abdullah Sani.

Dengan demikian diharapkan mudik Lebaran tahun 2022 dapat berjalan dengan aman dan sehat. Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1443 hijriah tahun 2022 tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19. Serta aktifitas masyarakat dapat berjalan dengan aman, baik dan normal.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments