JAMBI - Hingga berakhirnya SEA Games XXXI/2021 Vietnam, Senin (23/5/2022), kontingen Indonesia berhasil mengumpulkan 241 medali, dengan rincian 69 emas, 91 perak, 81 perunggu.

Dari total 241 medali itu, 14 diantaranya disumbangkan oleh atlet asal Jambi yang ikut memperkuat kontingen Indonesia.

"Ada delapan atlet kita yang ikut memperkuat Indonesia di SEA Games Vietnam, dari cabang wushu, dayung, dan basket. Alhamdulillah atlet-atlet kita menyumbangkan total 14 medali, dengan rincian 5 emas, 7 perak, dan 2 perunggu," kata Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan, Senin (23/5).

Data yang diperoleh dari Humas KONI Provinsi Jambi, lima medali emas semuanya diraih oleh atlet dayung, masing-masing dari M Ali Mardiansyah dari rowing nomor men's lightweight quadruple sculls, Dedi Saputra dari canoe/kayak nomor men's 500m canoe four, dan Riska Andriyani dari canoe/kayak nomor women's 400m canoe four.

Sementara itu dua medali emas lainnya diraih oleh Joko Andriyanto dari canoe/kayak nomor men's 1000m kayak four, dan nomor men's 500m kayak four.

Dedi Saputra juga menyumbang satu medali perak dari canoe/kayak nomor men's 1000m canoe four. Tiga medali perak lainnya disumbangkan Riska Andriyani dari nomor women's 1000m canoe single, women's 500m canoe single, dan women's 500m canoe four.

Atlet dayung Jambi lainnya, Mutiara Rahma Putri juga menyumbang dua perak, masing-masing dari nomor rowing women's lightweight quadruple sculls dan rowing women's lightweight double sculls.

Satu medali perak lainnya disumbangkan oleh atlet wushu Melisa Try Andani dari nomor sanda kelas 56 Kg putri.

Sementara itu, atlet Jambi yang meraih medali perunggu yakni Nathania Claresta Orville dari cabang basket nomor women's team 3x3, dan Davita Safitri dari cabang dayung nomor canoe/kayak women's 1000m canoe double.

Ketua Umum Pengprov PODSI Jambi Hasan Mabruri mengaku bangga dengan prestasi yang diraih atlet Jambi di SEA Games Vietnam.

"Kita tentunya sangat bangga karena atlet Jambi bisa berkontribusi untuk Indonesia di SEA Games Vietnam," kata Hasan Mabruri kepada Metrojambi.com melalui sambungan telepon.


Penulis: Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments