JAMBI - Pemerintah pusat memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan. 

Diketahui, keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah aspek. Kebijakan tersebut juga bakal diterapkan oleh Kota Jambi.

Wakil Walikota Jambi Maulana, mengatakan keputusan tersebut diambil sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Jambi yang semakin terkendali dalam beberapa waktu terakhir.

Namun untuk masyarakat yang masuk kategori rentan dan lanjut usia dan memiliki komorbid disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam atau luar ruangan.

"Kita akan mengikuti dan menyesuaikan dengan peraturan walikota. Tim Satgas Penanganan Covid 19 akan merumuskan kebijakan tersebut. Akan diperjelas yang dimaksud dengan area publik itu apa, yang tertutup apa. Kemudian yang dibolehkan tidak pakai masker dimana, kemudian yang dibolehkan dimana, itu semua akan diperjelas dengan instruksi walikota. Akan dibahas oleh Satgas Covid-19 Kota Jambi," jelas Maulana.

Selain itu, untuk mendukung kebijakan tersebut, ia juga meminta para ASN dan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kebugaran. Salah satunya adalah dengan berolahraga. 

"Dispora sudah saya perintahkan untuk membuat kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kebugaran masyarakat. Seperti senam massal dan senam lansia. Program olahraga prestasi juga sudah mulai berjalan," kata Maulana.

Berdasarkan data dari Dinas Kominfo Kota Jambi, tanggal 20 Mei 2022 tersisa kasus aktif sebanyak 11 orang pasien dalam pengawasan. 

"Segera laksanakan vaksinasi lengkap Covid-19 (Dosis 1 dan 2)," katanya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments