KERINCI - Mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya penambangan emas tanpa izin (PETI) di wilayah Penetai, Kecamatan Batang Merangin, Polres Kerinci bersama dengan Kedepatian Muara Langkap Tamiai turun langsung melakukan pengecekan.

Sebelum berangkat menuju lokasi, Kapolres Kerinci AKBP Agung Wahyu Nugroho,S.I.K,M.H langsung memimpin apel pemberangkatan personil Polres Kerinci ke lokasi pada Sabtu (28/05/2022) sekira pukul 08.00 WIB.

Sekitar pukul 10.00 WIB, sebanyak 47 personil sekira tiba di Pos Polisi Batang Merangin. Mereka sudah ditunggu oleh Ketua dan anggota lembaga adat muara langkap beserta masyarakat desa Muara Emat dan Tamiai yang berjumlah 25 orang.

Baca juga : Kedepati Muaro Langkap Diminta Bertindak Terkait Aktivas PETI di Muara Emat

Kabag Ops Polres Kerinci Kompol Samsul Bahri Pinem pimpin langsung di lapangan dan didampingi KBO Sat Intelkam Iptu Sugiarto, KBO Samapta Ipda Rozalia Saputra, Personil Polres Kerinci dan masyarakat dari Desa Tamiai berangkat kemudian menuju diduga lokasi PETI di wilayah Penetai melalui jalan setapak Dusun Serpih Desa Muara Emat Kecamatan Batang Merangin.

Sekira pukul 16.00 Wib tiba dilokasi PETI di Sungai Desa Penetai. Dilokasi tersebut tidak ditemukan adanya aktivitas penambangan dan alat ekskavator di lokasi.

"Yang kita temukan hanya bekas pondok yang sudah ditinggalkan. Diperkirakan sebelumnya memang ada kegiatan yang diduga merupakan kegiatan PETI dilokasi tersebut," kata Kabag Ops Polres Kerinci Kompol Samsul Bahri Pinem

Kabag Ops Polres Kerinci menyebutkan medan yang dilalui sangat terjal mendaki dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut, lebar sungai 20 meter dengan kedalaman bervariasi antara 1 sampai dengan 1,5 M.

Baca juga : Aktivitas PETI Sudah Masuk Kawasan TNKS di Muara Emat

"Setelah melakukan pengecekan, kemudian Tim kembali dari lokasi Sungai Penetai menuju titik kumpul awal Pos Pol Muara Emat dengan situasi aman terkendali, Personil dalam keadaan lengkap dan sehat. Tutup kabag ops," tutupnya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments