JAMBI - Hingga pertengahan tahun 2022, penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kota Jambi naik drastis dibandingkan dengan tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati, melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Jambi Safril mengatakan, hingga Mei 2022 penderita DBD di Kota Jambi mencapai 162 orang, dan dua orang meninggal dunia.

"Tahun lalu (2021, red) hanya 107 dan dua meninggal. Tahun ini penderita naik," kata Safril  Rabu (8/6).

Dikatakannya lagi, banyak penderita DBD pada Januari 2022 yang mencapai 68 orang. "Februari ada 24 penderita, Maret ada 23 penderita, April ada 17 penderita dan Mei ada 30 penderita," bebernya.

Melihat banyaknya jumlah kasus DBD ini, ia mengatakan pihaknya secara rutin membagikan bubuk abate kepada masyarakat. Kemudian wilayah yang terdapat kasus DBD dilakukan fogging (pengasapan).

"Pada wilayah kelurahan dan kecamatan dalam Kota Jambi yang telah ditemukan kasus DBD, dilakukan pengasapan sesuai dengan kriteria kepadatan penduduk," katanya.

Kemudian juga mengimbau kepada masyarakat, jika ada terdapat anak atau keluarga yang menderita demam lebih dari tiga hari, diharapkan agar mendatangi pihak kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan trombosit.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments