Orang Rimba dan Batin Sembilan Ikut Imunisasi

JAMBI - Bulan Imunisasi Anak Nasional  (BIAN) juga menyentuh suku-suku pedalaman. Puluhan Orang Rimba dan suku Batin Sembilan di Batanghari mengikuti imunisasi campak rubella yang digelar KKI Warsi pada Kamis (16/6) dan Sabtu (18/6) pekan lalu.

Imunisasi pada Sabtu (18/6) dilakukan terhadap Orang Rimba di Terap, Kecamatan Bathin XXIV. Sedangkan pada Kamis (16/6) imunisasi digelar untuk warga Batin Sembilan Desa Bungku, Kecamatan Bajubang.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan kerjasama Warsi dengan dinas kesehatan melalui puskesmas untuk menjangkau suku-suku yang tinggal di dalam dan sekitar hutan,” kata Maria Kristin, Fasilitator Kesehatan Warsi yang turut serta mendampingi pelaksanaan imunisasi ini.

Menurut Maria, pemberian imunisasi kepada suku-suku ini dilakukan setelah penjelasan dan pendekatan kepada komunitas.

“Awalnya tidak mudah untuk memberikan imunisasi kepada Orang Rimba maupun Batin Sembilan. Namun setelah dilakukan sosialisasi dengan menjelaskan sedetailnya tentang vaksin, mereka mau menerima,” kata Maria.

Kepada petugas yang mengikuti kegiatan ini juga diberi pemahaman tentang suku-suku ini. Sehingga, ketika berkegiatan bisa dilakukan dengan baik.

Imunisasi warga Orang Rimba Terap digelar bekerja sama dengan Puskesmas Durian Luncuk. Sedangkan untuk warga Batin Sembilan Bungku dilaksanakan bekerja sama dengan Puskesmas Penerokan dan PT Reki.

“Akses yang jauh menjadi kendala dalam menjangkau suku-suku ini, termasuk masalah komunikasinya. Kita menjembataninya itu sehingga petugas medis bisa menjangkau mereka, bertemu langsung dengan komunitas ini,” kata Maria.

Sasaran BIAN adalah anak 9 bulan hingga 12 tahun. Imunisasi berguna untuk mencegah serangan virus campak dan rubella.  Di lokasi acara juga disediakan vaksin lain yang dibutuhkan masyarakat.

Di Terap terdapat 32 anak yang mendapat vaksin campak rubella. Sementara ada 35 orang dewasa yang pada saat yang sama mendapatkan pengobatan dengan keluhan gatal-gatal, batuk dan deman.

Selain langsung di Terap, ada juga Orang Rimba yang membawa anaknya ke puskesmas untuk divaksin. Maka, sebelum ke ke Terap, petugas melayani delapan anak rimba yang dibawa orang tuanya untuk divaksin.

BIAN di Bungku juga dilaksanakan dengan pemberian imunisasi BCG dan campak rubella serta pengobatan gratis.  “Kegiatan ini masih akan terus berlanjut menuju kelompok-kelompok lainnya, baik Orang Rimba maupun Bathin Sembilan dan juga Talang Mamak,” kata Maria.

Penulis: Editor: Joni Rizal

TAGS:

comments

Berita lain di METROJAMBI.COM