Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan bisnis di era digital memang semakin ketat setiap harinya. Semua pelaku usaha berlomba-lomba agar bisa menggaet pelanggan supaya bisa menaikkan penjualan mereka. Agar bisa sukses dan memenangkan persaingan tersebut, tentu Anda harus mengetahui tips bisnis di era digital yang tepat.

5 Tips Bisnis di Era Digital

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Menggunakan Media sosial

Tips pertama untuk bisa memaksimalkan bisnis adalah menggunakan media sosial. Media sosial ini merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yang sekarang ini ramai digunakan orang. Hampir semua orang mencari tahu informasi apa saja melalui medsos. Bahkan untuk mencari tahu barang atau jasa yang dibutuhkan, media sosial dijadikan tempat untuk melakukan riset.

Dari medsos, pelanggan akan lebih mudah membandingkan produk mana yang sesuai kebutuhan dan memiliki kualitas yang baik.  Tak heran jika media sosial menjadi sarana penting bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru atau meningkatkan penjualan. Apalagi medsos ini jangkauannya sangat luas karena tidak hanya digunakan oleh orang di satu Negara saja, namun semua orang di seluruh dunia.

  1. Memanfaatkan Aplikasi

Selain media sosial, sekarang ini sudah ramai perusahaan besar atau brand ternama yang akhirnya menggunakan aplikasi sebagai bentuk pelayanan online pada pelanggannya. Ini menjadi salah satu tips untuk bisa membawa bisnis jadi lebih sukses karena saat ini memang sudah masuk era digital.

Bagi pelanggan aplikasi ini sangat membantu dalam mengetahui produk yang ada, lebih mudah untuk melakukan komunikasi, dan lain sebagainya seperti pada penggunaan media sosial. Untuk pelaku bisnis sendiri, penggunaan aplikasi yang ada sekarang justru memudahkan proses pengelolaan bisnis yang sedang berjalan.

Misalnya menggunakan aplikasi pembukuan, ini akan meminimalisir kesalahan pencatatan. Aplikasi akuntansi dan sejenisnya untuk menghindari kesalahan penghitungan laba dan rugi, dan sebagainya. Ini menjadi tips yang juga perlu dipraktekkan oleh pelaku bisnis agar tidak tertinggal.

  1. Strategi Digital Marketing

Mengingat semua kegiatan bisnis banyak yang dilakukan secara online, maka penting untuk menyesuaikan aktivitas pemasaran dengan cara yang sama. Ada yang disebut dengan digital marketing dimana ini merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online.

Ada yang menggunakan medsos, email, juga marketplace. Itu semua bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah konten yang sesuai dengan produk atau jasa terkait lalu disebarkan melalui media online tadi.

  1. Terus Melakukan Inovasi

Di era digital seperti sekarang untuk melakukan inovasi bisnis seharusnya lebih mudah. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat sebuah inovasi produk. Untuk tips yang keempat ini sebetulnya tak hanya untuk bisnis di era digital saja, namun memang harus dilakukan setiap pelaku bisnis agar usahanya bisa berkembang.

Namun karena ini sudah era digital, maka inovasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Selain lebih mudah tentu bisa lebih cepat terlaksana karena bantuan teknologi.

  1. Membuat Website Bisnis

Meski sudah memiliki media sosial, bergabung dengan marketplace, dan membuat aplikasi, masih ada yang harus dilakukan lagi, yaitu membuat sebuah website resmi. Situs atau website resmi ini di era digital sangatlah penting bagi pelaku bisnis. Melalui website, pelanggan akan lebih mengenal seperti apa citra perusahaan, produk apa saja yang ditawarkan, serta memudahkan pelanggan untuk memberikan atau mencari review produk yang ada.

Website resmi untuk sebuah bisnis ini memiliki pengaruh yang sangat besar, kebanyakan bisnis yang sudah besar dan maju pasti memiliki situsnya sendiri. Selain memudahkan pelanggan berkomunikasi, pelaku bisnis juga bisa lebih mudah menjangkau target pasar.

Hanya saja untuk membuat sebuah website itu sendiri tidak bisa asal-asalan. Percayakan saja pada Niagahoster yang memang sudah berpengalaman dalam pembuatan situs resmi. Bersama Niagahoster Anda bisa mendapatkan layanan hosting murah gratis domain yang sangat penting untuk kelancaran akses pada website bisnis.

Itulah beberapa tips bisnis yang bisa Anda terapkan di era digital. Diharapkan dengan berbagai tips ini, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lebih maksimal di tengah persaingan yang semakin ketat.

Penulis: (*)Editor: Ikbal Ferdiyal
comments